Ini Penyesalan Valentino Rossi Usai Resmi Pensiun dari Dunia MotoGP

- Senin, 15 November 2021 | 12:03 WIB
Potret Valentino Rossi saat menang di GP San Marino pada 2014 (REUTERS/Max Rossi)
Potret Valentino Rossi saat menang di GP San Marino pada 2014 (REUTERS/Max Rossi)

Legenda dunia balap motor Valentino Rossi, resmi pensiun dari dunia yang membesarkan namanya. Rossi menyelesaikan penampilan terakhirnya setelah 26 tahun berkarir di MotoGP pada Grand Prix Valencia, dengan finis di posisi 10.

"Ini tidak mudah karena banyak sekali tekanan tapi saya mampu masuk sepuluh besar jadi itu berarti saya mengakhiri karier saya yang panjang di antara pebalap top 10 di dunia. Saya tidak ingin finis terakhir," kata dia tertawa.

Dikutip dari AFP, itu adalah balapan ke-432 baginya sejak debut pada 1996. Usai pensiun, pebalap berusia 42 tahun ini mengaku akan sulit menjalani masa pensiun, apalagi musim balapan sudah dimulai di bulan Maret sebentar lagi.

"Ini adalah akhir pekan yang sangat, sangat spesial," kata Rossi yang memenangi tujuh titel kelas premier (500cc dan MotoGP) dan juga dua gelar di kelas 125cc dan 250cc tersebut.

"Saya tidak menyangka itu. Saya sedikit khawatir terhadap akhir pekan terakhir dari karier saya.

"Kita membayangkan momen ini sejak lama tapi Anda tidak pernah tahu bagaimana kita akan merasakannya, apakah Anda akan mampu fokus di balapan, apakah Anda akan sedih. Tapi ini adalah akhir pekan yang luar biasa."

Di akhir balapan, 75.000 penonton berdiri dan bertepuk tangan saat rekan-rekan pebalap memberikan trek sepenuhnya bagi Rossi untuk melakukan satu lap perpisahan.

"Ini sangat mengharukan. Saya mendapat dukungan yang luar biasa dan merasa respek yang sangat besar dari semua orang di paddock dan semua pebalap."

"Saya sudah menyesal berhenti. Saya rasa akan sulit dalam beberapa pekan dan bulan ke depan, khususnya pada Maret ketika musim mulai lagi dan saya tidak ada di sana." kelakarnya.

Rossi juga menyesal karena gagal melengkapi kariernya dengan titel kesepuluh.

"Mungkin apabila saya lebih berusaha keras di tahun-tahun pertama dalam karier saya seperti halnya di 10 (tahun terakhir), saya bisa memenangi lebih banyak balapan," kata Rossi sambil tertawa.

"Tapi tidak jadi masalah sedikit bebal ketika Anda masih muda. Kita belajar dengan pengalaman." pungkasnya.

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X