SEA Games: Fakta Atlet Menembak Indonesia Vidya Rafika

- Kamis, 5 Desember 2019 | 16:17 WIB
Atlet menembak Indonesia, Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba. (Instagram/@vdyarfka__)
Atlet menembak Indonesia, Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba. (Instagram/@vdyarfka__)

Nama atlet cabor menembak, Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba mencuri perhatian di ajang SEA Games kali ini.

Hal itu tak lain karena kesuksesannya dengan dua kali mengumandangkan Indonesia Raya di ajang multi event olahraga terbesar di Asia Tenggara.

Namanya pertama kali tercium publik saat ia meraih emas perdana di nomor individual air rifle 10 meter dengan mengalahkan penembak Singapura Xiu Yi Ho.

Dua hari setelahnya, atlet berusia 18 tahun itu kembali meraih medali emas keduanya bersama dengan Fathur Gustafian setelah menjadi yang terbaik di nomor mixed air rifle 10 meter.

-
Vidya Rafika. (Instagram/@vdyarfka___)

Raihan dua emas ini tentu membuat namanya jadi pembicaraan hangat di Tanah Air. Tak sedikit pula yang menyebutnya sebagai atlet menembak masa depan Indonesia. 

Ingin kenal lebih dekat dengan atlet asal kabupaten Bekasi ini, berikut fakta menarik tentangnya:

1. Latihan Menembak Sejak SD

Vidya Rafika mulai berlatih menembak sejak berusia 9 tahun atau kelas 4 SD. Perkenalan sejak dini dengan dunia menembak membuatnya terpilih untuk menjadi atlet Kabupaten Bekasi.

Bakatnya dalam dunia menembak diwarisi dari sang ibu, Gusti Ayu yang merupakan atlet menembak. Bahkan saat masih mengandung, sang ibu tetap rajin berlatih menembak.

2. Prestasi di Tingkat Nasional dan Internasional

Beragam prestasi pun telah ditorehkan Vidya Rafika di kancah nasional, mulai dari medali emas dan perak di PON XIX 2016 Jawa Barat ketika dirinya masih berusia 15 tahun, hingga medali emas SEA Games 2019 Filipina.

-
Atlet menembak Indonesia, Vidya Rafika. (Instagram/@vdyarfka___)

3. Berpeluang Berlaga di Olimpiade

Vidya Rafika berpeluang mendapatkan tempat di Olimpiade Tokyo 2020 setelah keikutsertaannya di Asian Shooting Championship 2019.

Saat kualifikasi, Vidya Rafika mampu melewati batas minimum qualification score (MQS) 625.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X