Asia Talent Cup Diundur, IMI Pastikan Kebutuhan Marshal akan Terpenuhi

- Senin, 15 November 2021 | 14:28 WIB
Pembalap motor Indonesia Fadillah Aditama melambaikan tangannya usai mengikuti sesi kualifikasi Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) atau MotoGP Junior di Sirkuit Mandalika (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)
Pembalap motor Indonesia Fadillah Aditama melambaikan tangannya usai mengikuti sesi kualifikasi Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) atau MotoGP Junior di Sirkuit Mandalika (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Menyusul pengunduran ajang Asia Talent Cup (ATC), Ikatan Motor Indonesia (IMI) selaku regulator olahraga otomotif nasional memastikan diri untuk segera memenuhi kelengkapan aspek keselamatan (kebutuhan marshal) di Sirkuit Pertamina Mandalika.

Sebelumnya, pada Minggu (14/11/2021), Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku promotor meminta maaf karena harus menangguhkan seri ke-3 balap ATC ke pekan depan untuk digelar berdampingan dengan ajang World Superbike pada 19-21 November.

Pasalnya, pihak sirkuit disebut tidak mampu memenuhi aspek minimum keselamatan untuk menggelar ajang ATC tersebut.

Kini, Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dalam keterangan seperti diunggah akun Instagram MGPA pada Senin (15/11/2021) menjamin putaran final ATC yang terdiri atas 4 balapan akan tetap berlangsung pekan depan.

"Saya yang bertanggung jawab sebagai Ketua Umum IMI selaku regulator yang mewakili federasi olahraga otomotif dunia di Indonesia. Dan kita akan segera memenuhi kelengkapan aspek keselamatan sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan FIM," kata Bamsoet.

Bamsoet menjelaskan sesuai peraturan FIM, seharusnya terdapat setidaknya 8 orang marshal di setiap pos. 

Baca Juga: Kekurangan Marshal di Sirkuit Mandalika, Balapan Asia Talent Cup 2021 Diundur Pekan Depan

"Inilah yang akan kami lengkapi," ujar Bamsoet.

Penyelenggara ATC dan MGPA menyebut masalah tersebut telah diidentifikasi dan sekarang ditangani untuk memastikan keamanan para pembalap ketika balapan berlangsung.

Sirkuit Mandalika sendiri menjadi tuan rumah seri ke-3 dan ke-4 ATC yang telah menggelar 2 seri pertama di Losail, Qatar.

Empat pembalap Indonesia yakni Fadillah Aditama, Herjun Firdaus, Herlian Dandi dan Azryan Dheyo siap meramaikan seri ATC 2021.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X