The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Cerita Pelatih Indonesia Muamar Qadafi di Balik Kesuksesan Pebulutangkis Kevin Cordon
Kevin Cordon dan pelatih asal Indonesia, Muamar Qadafi (REUTERS/Leonhard Foeger)
Sport

Cerita Pelatih Indonesia Muamar Qadafi di Balik Kesuksesan Pebulutangkis Kevin Cordon

Bakal lawan Anthony Ginting hari ini.

Senin, 02 Agustus 2021 10:14 WIB 02 Agustus 2021, 10:14 WIB

INDOZONE.ID - Pebulutangkis tunggal putra asal Guatemala yakni Kevin Cordon ternyata memiliki pelatih asal Indonesia yakni Muamar Qadafi. Cordon mencuri perhatian di Olimpiade Tokyo 2020.

Kevin Cordon akan menghadapi Anthony Sinisuka Ginting untuk perebutan medali perunggu hari ini, Senin (2/8/2021). Di balik kesuksesan Kevin Cordon yang mampu jadi kuda hitam di Olimpiade keempatnya ini, ternyata ada peran pelatih asal Indonesia.

Baca Juga: Jatuh Bangun Kevin Cordon, Calon Lawan Anthony Ginting yang Sempat Rasakan Kesulitan Dana

Dalam wawancara dengan ESPN Argentina, Kevin Cordon mengenang bagaimana ia terpaksa latihan di sebuah gereja karena Olimpiade Tokyo 2020 yang ditunda satu tahun karena pandemi Corona. 

Ia menceritakan bagaimana pelatihnya asal Indonesia yakni Muamar Qadafi terus mendampinginya bahkan tinggal bersama ia dan keluarganya.

“Pada bulan Juni, saya mendapat ide bahwa di belakang rumah saya, ada aula gereja Katolik. Saya pergi untuk berbicara dengan pendeta dan dia berkata tidak ada masalah. Kemudian saya pergi untuk meminta izin kepada walikota agar tidak ada masalah karena pembatasan yang ada di negara ini dan akhirnya saya berbicara dengan polisi agar mereka mengetahui pergerakan dan jam malam sehingga mereka akan memberi kami izin untuk selesai saya berlatih dan pulang," ujar Kevin Cordon.

“Terima kasih Tuhan mereka memberi saya kesempatan untuk berlatih di kota saya agar tidak kehilangan ritme saya lagi dan begitulah pengalaman indah itu terjadi. Bahkan pelatih saya yang berasal dari Indonesia datang ke kota saya, tinggal di sana dan berbagi dengan keluarga saya," tambah Cordon.

Sepanjang kariernya, Kevin Cordon mengandalkan dukungan dari Muamar Qadafi dan Jose Maria Solis, yang menyesuaikan rencana kerja dan berada di bawah pengawasan terus-menerus agar tidak kehilangan tujuan untuk lolos ke Olimpiade.

“Pelatih saya Qadafi dan José María Solís pergi ke sana. Ada juga dua temannya yang sebelumnya bermain bulu tangkis dan bergantian berlatih. Kakak saya dulu bermain bulu tangkis untuk hobi dan dia juga membantu saya," tutur Cordon.

Profil Singkat Muamar Qadafi

Dilansir dari Today in 24, Muamar Qadafi sendiri merupakan pelatih asal Indonesia yang sebelumnya melatih di PB Djarum. Ia sempat menjadi pemain kemudian menjadi asisten teknis untuk tim lokal Indonesia pada 2000.

Ia hijrah keluar negeri untuk melatih tim bulutangkis Peru pada 2005 lalu empat tahun kemudian menerima tawaran melatih tim bulutangkis Guatemala. Sebelum bergabung dengan Guatemala, Qadafi sempat melatih Ekuador.

Pada 2017, Qadafi bergabung dengan Jose Maria Solis melatih Guatemala. Tak hanya Kevin Cordon, ia juga menjadi pelatih pemain Guatemala lainnya yakni Nikte Sotomayor dan pemain tunggal putri.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Lanjar Wiratri

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US