Diminta Bertanding Lagi, Dua Atlet Ini Malah Pilih Berbagi Medali Emas

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 09:50 WIB
Atlet Italia Gianmarco Tamberi (kiri) dan atlet Qatar Mutaz Barshim (kanan), berbagi medali emas. (REUTERS/Dylan Martinez)
Atlet Italia Gianmarco Tamberi (kiri) dan atlet Qatar Mutaz Barshim (kanan), berbagi medali emas. (REUTERS/Dylan Martinez)

Banyak momen unik dan langka terjadi saat perhelatan Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang. Salah satunya adalah ketika atlet lompat tinggi Qatar Mutaz Barshim memilih membagi medali emasnya ketimbang harus bertanding ulang.

Kejadian ini bermula ketika Barshim dan atlet asal Italia Gianmarco Tamberi mencatatkan lompatan yang sama setinggi 2,37 meter. Dalam penetuan di lompatan setinggi 2,39 meter untuk menentukan siapa yang berhak atas medali emas, keduanya gagal melakukan tiga kali perceobaan.

Tim official pun menghampiri keduanya untuk bertanding lagi melakukan lompatan penentu. Hal ini tentunya mengharuskan mereka untuk melakukan lompatan lagi.

"Ini masih imbang. Kita bisa melanjutkan untuk melompat," ujar salah satu tim official yang disiarkan langsung melalui akun TikTik @nbcolympics.

Namun, hal tidak terduga diucapkan oleh atlet Qatar. Ia merespon permintaan tim official dengan menanyakan apakah dia dan atlet Italia bisa berbagi emas. Dan tim official pun menyanggupi permintaan tersebut.

"Bisakah kita beruda mendapatkan dua medali emas?" tanya Barshim.

"Ya bisa saja, jika itu keputusan (kalian berdua)," jawab tim official.

-
Atlet lompat jauh Qatar dan Italia berbagi medali emas. (TikTok/@nbcolympics)

Tamberi pun tidak keberatan dengan permintaan dan keputusan Barshim tersebut. Mereka berdua langsung berpelukan dan merayakannya.

Pemendangan unik pun terjadi di podium dimana kedua atlet tersebut berada di podium yang sama. Selain itu secara bergantian lagu kebangsaan mereka didengarkan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X