Fakta Menarik Pesenam Cantik Rifda Irfanaluthfi
Rifda Irfanaluthfi membentangkan bendera merah putih usai merebut medali perak Sea Games 2019 (Instagram/@rifda_irfanaluthfi)
Sport

Fakta Menarik Pesenam Cantik Rifda Irfanaluthfi

Sumbang medali perak di Sea Games 2019.

Selasa, 03 Desember 2019 11:25 WIB 03 Desember 2019, 11:25 WIB

INDOZONE.ID - Cabang olahraga (cabor) senam artistik pada Sea Games 2019 berhasil menyumbangkan medali perak melalui pesenam Rifda Irfanaluthfi yang tampil apik di Rizal Memoriam Coleseum, Manila, Filipina, Senin (2/12/2019).

Rifda berhasil melewati empat babak dengan baik, yaitu vault, uneven bars, balance team dan floor exercise. Untuk cabor senam artistik, medali emas dan perunggu diraih oleh atlet Malayaisa.

Mungkin masih banyak yang belum tahu siapa dan bagaimana sepak terjang atlet cantik tersebut di dunia atletik. Berikut Indozone coba merangkum fakta-fakta terkait Rida Irfanaluthfi:

1. Tekuni Senam Sejak Belia
Rifda Irfanaluthfi merupakan atlet kelahiran 16 Oktober 1999. Ia mulai terjun ke dunia olahraga sejak usia 6 tahun. Awal mulanya ia diperkenalkan olahraga renang oleh orang tuanya. Namun setelah mengenal olahraga senam, ia pun mulai menikmatinya dan serius latihan hingga saat ini. 

Rifda Irfanaluthfi
Rifda Irfanaluthfi saat masih berusia 9 tahun (Instagram/@rifda_irfanaluthfi)

2. Medali Pertama di PON Remaja
Rifda memulai karir juniornya dengan tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) remaja pada tahun 2014. Saat itu ia mewakili Provinsi DKI Jakarta. Di usianya yang baru 15 tahun, ia berhasil meraih 2 medali emas.

Rifda Irfanaluthfi
Rifda Irfanaluthfi saat mewakili Jakarta di PON Remaja (Instagram/@rifda_irfanaluthfi)

3. Debut Karir Senior di Qatar
Rifda memulai debut internasionalnya dengan mengikuti kejuaraan senam di Doha, Qatar pada tanggal 25 Maret 2015, mengikuti tiga nomor yaitu meja lompat, balok keseimbangan dan senam lantai. Rifda tidak lolos ke final dengan rentang skor berkisar antara 11 poin.

Rifda Irfanaluthfi
Rifda Irfanaluthfi saat mengikuti kejuaraan di Baku, Azerbaijan (Instagram/@rifda_irfanaluthfi)

4. Catatan Positif di Sea Games 2015 dan 2017
Pada bulan Juni 2015 Rifda bertanding di Sea Games ke-28, Singapura. Ia berhasil meraih medali perak senam lantai pada pesta olahraga antar negara-negara Asia Tenggara itu. Sementara pada Sea games 2017, di Kuala Lumpur, Malaysia, Rifda berhasil membawa pulang 1 medali emas, 1 perak dan 3 perunggu.

Rifda Irfanaluthfi
Rifda Irfanaluthfi berhasil membawa pulang 5 medali pada Sea Games 2017 di Malaysia (Instagram/@rifda_irfanaluthfi)

Di usianya yang masih 20 tahun, tentu karirnya masih panjang dan masih punya banyak kesempatan untuk memboyong medali di ajang-ajang lainnya.

Artikel menarik lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU