Tangkal Virus Corona, Kemenpora Keluarkan 'Surat Sakti'

- Rabu, 18 Maret 2020 | 12:59 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, mengeluarkan Surat Protokol Kewaspadaan Pencegahan Wabah Covid-19 atau Virus Corona Bagi Kegiatan Olahraga. (Dok. Kemenpora)
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, mengeluarkan Surat Protokol Kewaspadaan Pencegahan Wabah Covid-19 atau Virus Corona Bagi Kegiatan Olahraga. (Dok. Kemenpora)

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengeluarkan Surat Protokol Kewaspadaan Pencegahan Wabah Covid-19 atau Virus Corona Bagi Kegiatan Olahraga. Dalam surat tersebut, ada beberapa imbauan yang disampaikan kepada pengurus cabang olahraga (cabor).

Dalam surat Nomor 3.17.4/SET/III/2020 yang dikeluarkan 17 Maret itu, Kemenpora merekomendasikan kepada pengurus cabor untuk meninjau ulang program pemusatan latihan nasional yang sedang atau akan digelar. Mereka juga diminta melakukan pembatasan secara ketat.

"Jika perlu, dimungkinkan untuk melakukan penundaan sementara waktu pelaksanaan Pelatnas," bunyi surat Kemenpora.

Meski demikian, Kemenpora tetap mengimbau para atlet untuk melakukan kegiatan pelatihan secara mandiri. Para atlet juga tetap dibimbing pelatih melalui long distance supervision.  

Selain program Pelatnas, Kemenpora juga meminta pengurus cabor untuk menunda kegiatan olahraga di daerah. Selain itu, kunjungan ke luar negeri, khususnya ke negara yang sudah terdapat kasus positif virus corona, juga tidak direkomendasikan.

Kemenpora juga meminta kepastian dari federasi olahraga internasional jika tetap memaksakan menggelar event olahraga internasional.

"Kepastian adanya pelaksanaan protokol kesehatan yang diatur dan disupervisi WHO (Organisasi Kesehatan Dunia)," lanjut surat tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X