GothamChess Bersedia 'Rematch' Catur Lawan Dewa Kipas, Tapi Ada Syaratnya

- Kamis, 18 Maret 2021 | 16:18 WIB
Kiri: Levy Rozman si GothamChess (Instagram/gothamchess) / Kanan: Dadang Subur si Dewa Kipas (Facebook/Ali Akbar)
Kiri: Levy Rozman si GothamChess (Instagram/gothamchess) / Kanan: Dadang Subur si Dewa Kipas (Facebook/Ali Akbar)

Levy Rozman alias GothamChess bersedia berduel kembali atau rematch melawan Dadang Subur yang memiliki akun Dewa Kipas.

Namun, ada syarat yang dia minta, yaitu harus ada webcam. Dengan begitu, pertandingan bisa dipastikan berlangsung adil tanpa adanya kecurangan.

"Hal ini sudah dikatakan berkali-kali sebenarnya, rematch atau sejenisnya. Saya tahu GM Susanto [Megaranto] juga sudah berusaha mengkondisikan, tapi tidak pernah mencapai kata sepakat," kata Levy.

"Orang-orang juga menyuruh saya bermain rematch online. Namun, jika kita melakukan pertandingan ulang, tidak bisa dilakukan di Chess.com karena dia tidak bisa login lagi."

"Jadi kami harus bermain yang namanya ‘Fair Play Policy’. Jadi Anda menggunakan webcam, lalu kamera kedua di belakang memperhatikan gerak tangan Anda, dan Anda menampilkan tampilan layar Anda. Perlu 3 hal itu. Itu hal yang harus kita lakukan," tegas Levy.

Namun, pria dengan gelar International Master (IM) itu mengatakan agak khawatir dengan hasilnya karena berpotensi terjadinya penyerangan dari netizen.

"Tapi saya bisa jamin, ini tidak akan berakhir dengan baik. Satu hal yang tidak saya inginkan, netizen berpindah pihak untuk diserang," kata Levy.

Hal ini berdasarkan pengalaman Levy yang akun media sosialnya jadi bulan-bulanan netizen Indonesia. Tak hanya dia, bahkan ibu, pasangan, dan keluarganya tak luput dari cercaan netizen Indonesia.

"Lalu mereka melihat statistiknya dan mengatakan, ‘Oh Wow, maaf kami telah menyerang Anda. Jadi saya sekarang akan menyerang Dewa Kipas’. Saya bilang ‘Jangan, saya tidak mau itu. Ini adalah sebuah kesalahan’," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, polemik bermula saat akun Dewa Kipas diblokir oleh Chess.com usai mengalahkan GothamChess. Blokir ini dinilai karena fans GothamChess melaporkan Dewa Kipas.

Namun, Chess.com membantah hal tersebut. Mereka memblokir akun Dewa Kipas karena melihat adanya kecurangan. Percasi juga menyatakan dari data Chess.com, statistik Dadang Subur tampak janggal dengan akurasi tinggi.

Artikel menarik lainnya

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X