Bertanding di PON Papua, KONI Jatim Siapkan Lebih dari 500 Atlet

- Kamis, 24 Juni 2021 | 11:58 WIB
Atlet lari gawang Sulastri (kiri) dan Ghanes Bagus Pandega (kanan) berlatih di Stadion Brawijaya, Kota Kediri, Jawa Timur, Rabu (21/4/2021). ( ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)
Atlet lari gawang Sulastri (kiri) dan Ghanes Bagus Pandega (kanan) berlatih di Stadion Brawijaya, Kota Kediri, Jawa Timur, Rabu (21/4/2021). ( ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

Komite Olahraga Nasional Indonesia atau KONI Jawa Timur menyiapkan lebih dari 500 atlet untuk bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua yang bakal digelar pada 2-15 Oktober mendatang.

“Kalau untuk atletnya saja ada sekitar 544 atlet. Kalau dengan ofisial sekitar 800-an orang,” kata Ketua Harian KONI Jawa Timur Nabil dihubungi dari Jakarta, Rabu (23/06), seperti dilansir Antara.

Nabil mengatakan bahwa saat ini para atlet terus melakukan latihan sebagai persiapan mereka berlaga di PON. Sebagian atlet ada yang berlatih di mess masing-masing, ada juga yang sudah melakukan sparring atau latih tanding dengan atlet dari provinsi lain.

Pada 100 hari menjelang pelaksanaan PON Papua, yang akan dimulai pada 2 Oktober mendatang, KONI Jawa Timur berharap tak ada lagi penundaan PON karena penangguhan satu tahun sudah cukup menguras energi dan tenaga para atlet yang telah mengorbankan waktunya demi bisa berlaga dalam gelaran multiajang empat tahunan itu.

“Mudah-mudahan bisa tetap terlaksana tapi dengan protokol kesehatan,” ujarnya.

“Atlet kami sudah mengorbankan waktu. Ada yang menunda menikah, sekolah, dan kerja. Belum lagi pengaruh performa atlet karena puncak mereka itu seharusnya pada 2020,” katanya menambahkan.

Lagi pula, katanya, hampir seluruh atlet Jawa Timur sudah menerima vaksinasi COVID-19 sehingga itu bisa semakin meningkatkan optimisme PON Papua bisa digelar dengan aman.

Meski pun begitu, dia tetap meminta KONI Pusat dan Panitia Besar atau PB PON Papua untuk menyusun regulasi protokol kesehatan ekstra ketat guna memastikan keamanan seluruh kontingen yang datang, termasuk menyiapkan berbagai daftar antisipasi kejadian tak terduga selama gelaran tersebut berlangsung.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X