Olimpiade Tokyo: Bermuda Jadi Negara Terkecil yang Raih Medali Emas, Menangkan Triathlon

- Selasa, 27 Juli 2021 | 15:50 WIB
Flora Duffy, atlet triathlon penyumbang medali emas Bermuda di Olimpiade Tokyo. (photo/REUTERS/HANNAH MCKAY)
Flora Duffy, atlet triathlon penyumbang medali emas Bermuda di Olimpiade Tokyo. (photo/REUTERS/HANNAH MCKAY)

Dengan populasi hanya 63.000, Bermuda menjadi negara atau wilayah terkecil yang menyabet medali emas Olimpiade di Olimpiade Tokyo 2020 ketika Flora Duffy menjadi jawara di cabang olahraga (cabor) triathlon.

Sebagai informasi, triathlon adalah perlombaan multi olahraga yang dilakukan berurutan secara terus menerus dengan bentuk yang umumnya renang –sepeda – lari.

Sedangkan Bermuda adalah wilayah yang terletak di seberang Laut Britania Raya di Samudra Atlantik bagian utara, sekitar 933 km dari pesisir Carolina Utara, Amerika Serikat.

Atlet berusia 33 tahun itu, yang tampil keempat kalinya di Olimpiade, menjadi pemenang dari 56 wanita dengan catatan waktu 1 jam 55 menit 36 ??detik, unggul lebih dari 1 menit di depan wakil Inggris, Georgia Taylor-Brown dan wakil Amerika Serikat, Katie Zaferes.

Bermuda sudah memegang rekor sebagai negara berpenduduk paling sedikit yang memenangkan medali Olimpiade musim panas berkat perunggu untuk petinju Clarence Hill pada tahun 1976 kini memenangkan emas.

"Tekanan yang sangat besar selama 5 tahun," kata Duffy dikutip dari BBC Sport, Selasa (27/7/2021).

“Saya tidak akan pernah merekomendasikan menjadi favorit Olimpiade selama lima tahun. Tentu saja itu membuat semuanya berharga sekarang."

"Saya pikir seluruh Bermuda menjadi gila. Itulah yang membuatnya begitu istimewa bagi saya, ya, ini adalah mimpi saya, tetapi saya juga tahu itu lebih besar dari saya."

Duffy, yang menolak kesempatan mewakili Inggris saat remaja, sudah terbiasa menulis namanya ke dalam buku sejarah setelah menjadi juara Commonwealth Games wanita pertama Bermuda pada 2018.

"Saya hanya bangga saya bisa menjadi peraih medali emas pertama Bermuda, peraih medali wanita pertama, dan semoga menginspirasi semua orang di rumah bahwa ini mungkin," tambahnya.

-
Flora Duffy, atlet triathlon penyumbang medali emas Bermuda di Olimpiade Tokyo. (photo/REUTERS/HANNAH MCKAY)

Adapun jarak yang dimenangkan Duffy pada 51 kilometer acara triathlon itu sendiri lebih panjang daripada jalan kaki ujung ke ujung melintasi panjang Bermuda yang hanya 40km. 

Ukuran itu membuat negara Bermuda 15 kali lebih kecil dari kota New York.

Hujan semalam di Tokyo telah menunda start selama 15 menit karena kondisi yang licin, tetapi begitu mulai berjalan, Duffy mengambil kendali setelah 4 lap pertama dan tidak pernah menoleh ke belakang.

Senyum lebar berubah menjadi air mata kegembiraan saat dia melewati garis finis.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X