Demi Kelancaran PON Papua, Percepatan Vaksinasi dan Penguatan Prokes Terus Diupayakan

- Kamis, 30 September 2021 | 12:14 WIB
Atlet tenis PON Papua (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Atlet tenis PON Papua (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Percepatan vaksinasi Covid-19 dan penguatan protokol kesehatan (prokes) terus diupayakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) demi mendukung kelancaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BNPB Ganip Warsito seperti dilansir laman resmi InfoPublik di Papua, Kamis (30/9/2021).

"Dalam rangka menyambut PON XX penguatan protokol kesehatan terus dilakukan di antaranya pembagian masker dan percepatan vaksinasi," kata Ganip.

Ganip mengatakan, Provinsi Papua sendiri sudah memenuhi syarat Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 44 Tahun 2021 mengenai syarat dalam penyelenggaraan kegiatan besar.

Dalam aturan tersebut di antaranya vaksinasi minimal sudah mencapai 50 persen di 4 kabupaten dan kota penyelenggaraan PON Papua.

Berdasarkan data yang dihimpun Kementerian Kesehatan hingga Selasa (28/9/2021), 4 kabupaten dan kota tempat beberapa venue PON XX mempunyai persentase vaksinasi dosis pertama sudah di atas 50 persen.

Baca Juga: Panitia Ungkap Kesiapan Upacara Pembukaan PON Papua Sudah 95 Persen

Keempat daerah itu meliputi, Kabupaten Jayapura suntikan dosis pertama 58 persen dan dosis kedua 36 persen, Kota Jayapura dosis pertama 65 persen, dosis kedua 39 persen. Selanjutnya, Kabupaten Mimika dosis pertama 61 persen dan dosis kedua 42 persen.

Terakhir, untuk Kabupaten Merauke dosis pertama sudah mencapai 70 persen dan dosis kedua 44 persen.

Namun, kendati vaksinasi dosis pertama sudah di atas 50 persen, BNPB mengimbau pemangku kepentingan agar selalu mengajak masyarakat menerapkan disiplin protokol kesehatan.

"Saya minta seluruh masyarakat untuk selalu taat dalam menerapkan disiplin protokol kesehatan," ujar Ganip.

Artikel Menarik Lainnya:

 

 

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X