Putra Sulung Manny Pacquiao Menangkan Debut Tinju Amatir, Sang Ayah Sempat tak Restui

- Minggu, 13 Maret 2022 | 14:53 WIB
Emmanuel Pacquiao Junior, putra sulung Manny Pacquiao. (Instagram/@pacquiao.emmanuel)
Emmanuel Pacquiao Junior, putra sulung Manny Pacquiao. (Instagram/@pacquiao.emmanuel)

Emmanuel Pacquiao Junior yang tak lain adalah putra sulung dari legenda tinju Filipina, Manny Pacquiao berhasil memenangkan debut tinju amatirnya, Sabtu (12/3/2022) waktu setempat.

Emmanuel mencatatkan rekor tinju amatirnya menjadi 1-0 usai menaklukkan Andres Rosales di sasana House of Boxing di San Diego, California, Amerika Serikat.

Pertarungan itu merupakan duel tinju amatir pertamanya yang diakui usai sebelumnya Emmanuel berlaga dalam pertarungan tanpa sanksi di Manila.

Pemuda 21 tahun itu menggunakan jab kaku dan overhand kanan untuk menaklukkan lawannya. Tidak ada knockdown atau skor yang dibacakan, hanya pengumuman bahwa Emmanuel di sudut merah keluar sebagai pemenang.

Marvin Somodio, asisten Manny Pacquiao mengatakan Emmanuel akan tetap berada di Amerika dan berlatih di Klub Tinju Wild Card, sasana yang sama tempat ayahnya pertama kali tiba pada tahun 2001 dalam perjalanan untuk menjadi petinju hebat sepanjang masa. 

Baca Juga: Jelang MotoGP Mandalika, 20 Pebalap Dunia akan Parade di Jakarta

Somodio juga mengaku bahwa mereka akan terus mencari lawan untuk pertarungan amatir kedua Emmanuel.

Selain terjun ke dunia tinju, putra sulung Manny Pacquiao itu juga melakoni profesi sebagai model, influencer dan memiliki vlog Youtube dengan lebih dari 560.000 subscriber.

Sang ayah, Pacquiao awalnya tidak merestui putranya itu untuk bertinju.

"Kami benar-benar mengecilkan hatinya (dari tinju). Di rumah kami, kami tidak memiliki sarung tangan atau peralatan tinju. Tapi kami memiliki lapangan basket," kata Pacquiao dalam wawancara pada 2019.

"Saya sedih melihat dia bertinju karena saya tahu betapa sulitnya itu," tambahnya.

Namun, akhirnya, juara dunia 8 divisi itu mengizinkan Emmanuel mengikuti jejaknya.

Pacquiao sendiri memiliki rekor amatir 60–4, dimulai dengan pertarungan pertamanya pada usia 12 tahun sebelum menjadi petinju profesional pada usia 16 tahun.

Dia memutuskan pensiun pada September 2021 lalu setelah berkarir di dunia tinju selama lebih dari 26 tahun.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X