Sosok Jeka Saragih, dari Simalungun Menuju Kontrak UFC, Paten Kali!

- Senin, 24 Oktober 2022 | 11:50 WIB
Jeka Saragih, petarung UFC Indonesia asal Simalungun, Sumatera Utara. (Instagram/@jekasaragih)
Jeka Saragih, petarung UFC Indonesia asal Simalungun, Sumatera Utara. (Instagram/@jekasaragih)

Kabar olahraga membanggakan datang dari petarung UFC Indonesia Jeka Saragih. Petarung asal Simalungun, Sumatera Utara itu semakin dekat dengan kontrak UFC setelah memenangkan duel di semifinal Road to UFC atas wakil Korea Selatan, Won Bin Ki.

Road to UFC adalah ajang pembuka jalan bagi petarung-petarung terbaik Asia untuk mendapatkan kontrak di organisasi MMA terkemuka dunia itu.

Bertanding di Etihad Arena, Abu Dhabi, Minggu (23/10/2022), Jeka menang KO di ronde pertama dalam waktu 2 menit 41 detik. 

Pukulan keras tangan kanan petarung bermarga Saragih itu membuat Ki ambruk ke kanvas octagon. Jeka pun dinyatakan menang KO.

Dengan kemenangan itu, Jeka Saragih akan mengukir sejarah dengan menjadi petarung UFC pertama Indonesia yang mendapat kontrak UFC.

Baca Juga: Pendapatan dari UFC Kurang, Petarung Wanita Paige VanZant Bikin Situs OnlyFans

Itu artinya, Jeka bisa berlaga di tempat yang sama dengan atlet UFC papan atas seperti Conor McGregor, Kamaru Usman, Israel Adesanya, hingga Islam Makachev.

Kabarnya, Jeka Saragih masih harus berduel lagi di final Road to UFC melawan pemenang Anshul Jubli vs Kim Kyung Pyo. Kendati demikian, pria berdarah Batak itu bisa dipastikan mendapat kontrak dari UFC.

Baca Juga: Jon Jones Terancam Didepak dari UFC Usai Tersandung Kasus KDRT

Siapa sosok Jeka Saragih?

Jeka Asparido Saragih lahir di Bah Pasunsang, Raya, Simalungun, Sumatera Utara, 3 Juli 1995. 

Pemuda berusia 27 tahun itu memulai karir bela dirinya dengan menekuni wushu pada tahun 2013. Dia berhasil memenangkan kejuaraan nasional di Yogyakarta sehingga berkesempatan mewakili Sumatera Utara dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2015.

Sayangnya, Jeka tidak mendapat restu orang tua untuk tampil di PON. Dia pun memutuskan merantau ke Batam dan latihan di sasana Batam Fighter Club (BFC).

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X