8 Manfaat Renang Bagi Kesehatan Beserta Tipsnya

- Jumat, 9 September 2022 | 15:22 WIB
Ilustrasi orang berenang (freepik.com)
Ilustrasi orang berenang (freepik.com)

Sebagian orang memilih olahraga renang sebagai olahraga favoritnya. Olahraga air ini termasuk jenis olahraga kardio yang banyak menggunakan aktivitas tulang dan sendi, sehingga menghasilkan manfaat tersendiri bagi tubuh. 

Berenang mampu memberikan berbagai manfaat dalam tubuh, baik bagi fisik maupun mental, seperti mengurangi stres. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ulasan terkait manfaat renang bagi kesehatan lengkap beserta tipsnya.

Manfaat Olahraga Renang 

-
Ilustrasi berenang (freepik.com)

Seluruh olahraga memiliki manfaatnya masing-masing. Pada jenis olahraga ini, seseorang bisa mendapatkan manfaat yang tidak didapat di olahraga lain. Manfaat renang tersebut didapatkan dari gaya renang yang dilakukan. Berikut ini manfaat berenang tersebut. 

1.  Bermanfaat untuk sistem kardiovaskular 

Sistem kardiovaskuler adalah organ sirkulsi darah yang terdiri dari jantung, komponen darah dan pembuluh darah yang berfungsi memberikan dan mengalirkan suplai oksigen dan nutrisi keseluruh jaringan tubuh yang di perlukan dalam proses metabolisme tubuh.

Dengan melakukan olahraga renang, maka kamu telah membantu menjaga kesehatan sistem kardiovaskular dengan menyeimbangkan tekanan darah dan mengontrol gula dalam tubuh. 

2. Meningkatkan massa otot

Manfaat renang lainnya adalah olahraga ini mampu untuk meningkatkan massa otot. Ini karena renang membuat seluruh anggota tubuh turut bergerak, sehingga menjadikan otot lebih kuat dan daya tahan tubuh akan meningkat. 

3. Menyehatkan jantung 

Jantung yang sehat juga merupakan manfaat olahraga renang. Ini karena aktivitas dari gaya renang mampu untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh hingga kemampuan tubuh dalam menggunakan oksige, sehingga dapat membantu menjaga fungsi organ vital dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. 

4. Menguatkan tulang dan sendi 

Manfaat olahraga renang selanjutnya adalah olahraga ini dapat menguatkan tulang dan sendi. Gaya renang yang dipakai untuk berenang mampu untuk meningkatkan kelenturan dan mengurangi nyeri akibat peradangan pada sendi tulang. 

Oleh karenanya, jika kamu memiliki masalah radang sendi, dianjurkan untuk rutin berenang guna mencegah risiko tulang keropos atau osteoporosis.

5. Membakar kalori 

Terbakarnya kalori juga merupakan manfaat renang yang bisa kamu rasakan. Hal tersebut dapat terjadi karena berenang hampir sama dengan olahraga lari dan bersepeda untuk periode waktu yang sama, sehingga kalori cepat terbakar dan berat badan dapat turun secara perlahan. 

6. Menurunkan tingkat keparahan penyakit asma 

Manfaat renang bagi kesehatan yang dapat kamu ketahui lainnya adalah olahraga ini mampu untuk menurunkan tingkat keparahan penyakit asma. Hal tersebut karena olahraga renang membutuhkan teknik pernapasan yang baik. 

Pernapasan yang baik tersebut akan membantu mengembangkan kapasitas paru-paru dan mengendalikan sistem pernapasan. Manfaat ini baik untuk penderita penyakit asma.

Akan tetapi, perlu diingat pula bahwa jika tingkat keparahan asma sudah sulit dikontrol, maka olahraga renang akan menjadi sangat berbahaya. 

7. Meningkatkan kualitas tidur 

Bagi pengidap insomnia atau sulit tidur, melakukan berenang dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur. Manfaat renang ini bisa didapatkan apabila melakukan renang secara rutin. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X