Roger Federer Pilih Pensiun, Mantan Pelatih: Keputusan Cerdas!

- Senin, 19 September 2022 | 22:10 WIB
Legenda Tenis, Roger Federer (REUTERS/Paul Childs)
Legenda Tenis, Roger Federer (REUTERS/Paul Childs)

Roger Federer memutuskan akan segera pensiun sebagai petenis di usianya yang ke-41 tahun. Menurut mantan pelatih Federer, Pierre Paganini, apa yang dilakukan oleh  pria Swiss tersebut adalah sesuatu yang bijak.

Federer sendiri mengakui kalau tubuhnya sudah tidak sanggup untuk terus bertanding pada level tertinggi. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir Federer kerap berkutat dengan cedera.

“Sebagai seseorang yang berada di lingkaran dalam, Anda tahu bagaimana pemikiran Roger. Itu tidak terjadi secara spontan pada hari Kamis pukul tiga lewat seperempat,” kata Paganini, dilansir dari Tennis 365, Senin (19/9/2022).

Baca Juga: Bill Gates pun Bereaksi Roger Federer Pensiun, Ternyata Pernah Main Tenis Bareng

Paganini sangat maklum jika Federer memutuskan untuk pensiun. Sebab, sejak masih muda Federer sudah memaksakan tubuhnya untuk bertanding di level tertinggi.

Maka dari itu, Paganini menilai Roger Federer telah bersikap bijak dengan memperhatikan kesehatan dirinya sendiri. Paganini pun bangga bpernah berkesempatan melatih Federer.

“Ini bukan hanya tentang lutut. Roger telah memainkan banyak pertandingan dalam kariernya dan menempatkan tubuhnya di bawah tekanan yang ekstrim. Dia harus melakukan upaya luar biasa dalam beberapa tahun terakhir untuk bersaing di tingkat kelas dunia,” sebutnya.

“Bayangkan berapa banyak sesi latihan yang telah dilakukan seorang atlet papan atas hingga usia 41! Merupakan keajaiban bagi saya bagaimana dia melakukannya selama lima tahun terakhir. Itu sebabnya saya pikir keputusan ini sangat bijaksana,” tukas Paganini.

Baca Juga: Sedih Federer Pensiun, Nadal: Semoga Kau Bahagia

Roger Federer akan resmi pensiun setelah ia ambil bagian dalam gelaran Laver Cup 2022. Laver Cup sendiri akan berlangsung pada 23-25 September mendatang.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X