Ukir Sejarah! Rio Waida Peselancar Indonesia Pertama yang Lolos Liga Selancar Dunia 2023

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 11:18 WIB
Peselancar ombak Indonesia, Rio Waida. (Instagram/@riowaida_)
Peselancar ombak Indonesia, Rio Waida. (Instagram/@riowaida_)

Peselancar ombak Indonesia, Rio Waida membuat sejarah. Dia memenuhi syarat untuk mengikuti Liga Selancar Dunia, World Surfing League Championship Tour 2023.

Peselancar berdarah Indonesia-Jepang itu sebelumnya berhasil memastikan diri melaju ke babak 24 besar EDP Vissla Pro Ericeira di Portugal, Selasa (4/10/2022).

"Dengan melaju ke babak 24 di EDP Vissla Pro Ericeira dan mendominasi '22 Challenger Series, Rio Waida secara resmi lolos ke Tur Kejuaraan 2023. Ini menandai pertama kalinya orang Indonesia lolos ke CT (Championship Tour)," bunyi pengumuman di situs resmi WSL.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by World Surf League (@wsl)

Baca Juga: FOTO: Peselancar Rio Waida Lolos Olimpiade Tokyo

Hasil perlombaan menunjukkan bahwa Rio mencatatkan 11.33, nilai tertinggi pada heat 7 di mana dia berlomba bersama Willian Cardoso dari Brazil, Kauli Vaast dari Prancis dan Carlos Munoz dari Kosta Rika.

Rio menjadi peselancar pertama yang mengunci tempat di Championship Tour 2023, divisi teratas yang menjadi tempat top 34 atlet selancar ombak dunia berkompetisi.

Baca Juga: Rio Waida dan Nurul Akmal Didaulat Jadi Pembawa Bendera di Olimpiade Tokyo 2020

Selanjutnya, dia akan berlomba bersama Liam O'Brien dari Australia dan Crosby Colapinto dari Amerika Serikat di heat 5 untuk memperebutkan slot di babak 16 besar ajang yang berlangsung pada 1-9 Oktober 2022 itu.

Rio, yang sekarang menjadi pemuncak tangga Challenger Series, dengan raihan poin yang dia kumpulkan hingga saat ini - pemberhentian kelima dari delapan ajang Challenger Series - dipastikan tidak akan keluar dari 10 besar hingga akhir musim ini berakhir.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X