PBSI Putuskan Mundur dari Kejuaraan Dunia BWF 2021, Menpora: Kita Dukung!

- Jumat, 10 Desember 2021 | 16:41 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Keputusan Pengurus Pusat Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) yang memilih mundur dari Kejuaraan Dunia BWF 2021 di Huelva, Spanyol pada 12-19 Desember mendatang mendapat dukungan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

Hal tersebut disampaikan Menpora saat memberikan keterangan pers pada kegiatan sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (9/12/2021).

"Saya sudah baca alasannya karena pandemi, sehingga kita sangat mendukung apa keputusan federasi," kata Zainuddin dikutip dari Antara.

Lebih lanjut lagi, menurutnya, bulu tangkis merupakan cabang olahraga andalan Indonesia, tidak hanya di ajang kejuaraan dunia ataupun Olimpiade, tetapi juga di kejuaraan Paralimpiade.

"Jadi, tidak ada kaitan karena saya tidak sebut (bulu tangkis) di acara pembukaan DBON dengan mundurnya bulu tangkis di Kejuaraan Dunia BWF, melainkan dalam slide video yang saya baca menuliskan itu angkat besi, panahan dan panjat tebing," tuturnya.

Baca Juga: Batal Tampil di Kejuaraan Dunia BWF 2021, Ginting Ambil Sisi Positif Meski Agak Sedih

"Yang saya lihat di gambar itu cuma itu aja tadi, saya tengok kok tidak ada, makanya saya sebut juga bulu tangkis. Tetapi tentang tidak ikut, saya tidak tahu, tapi saya sudah baca alasannya karena pandemi," sambungnya.

Seperti diketahui, PBSI mengeluarkan keputusan resmi penarikan timnas dari keikutsertaan ajang Kejuaraan Dunia BWF 2021 yang memasuki edisi penyelenggaraan ke-26.

Menurut keterangan resminya di Jakarta, Rabu (8/12/2021) pagi, keputusan itu diambil langsung oleh Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna dengan alasan keamanan dan keselamatan timnas di tengah merebaknya penyebaran varian baru virus COVID-19 Omicron.

Keputusan besar itu diambil setelah melalui pembahasan dan masukan dari pengurus, pelatih dan Kabid Binpres Rionny Mainaky. 

"Kami tidak mau mengambil risiko. Keselamatan dan kesehatan atlet lebih utama. Para pemain juga sudah kami ajak berdiskusi dan mereka setuju untuk menarik diri dari kejuaraan dunia," ungkap Rionny. 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X