Menpora Tanggapi Keluhan Cabang Olahraga yang tak Dikirim ke SEA Games Vietnam

- Selasa, 19 April 2022 | 12:08 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menanggapi soal keluhan sejumlah cabang olahraga (cabor) yang tidak dikirim ke SEA Games Vietnam 2021 karena dianggap tidak mempunyai jejak dan rekam prestasi dalam single event maupun multievent internasional.

Menpora menegaskan bahwa, efisiensi pengiriman atlet ke SEA Games 2021 Vietnam sama sekali tak ada kaitannya dengan keterbatasan anggaran, melainkan potensi perolehan medali dari masing-masing cabor.

“Jadi ini tak ada urusannya dengan anggaran. Ini urusan prestasi sesuai dengan rekomendasi tim review,” tegas Zainudin dikutip dari Antara, Selasa (19/4/2022).

Baca Juga: Komite Olimpiade Indonesia Usulkan Anggaran Rp52 Miliar untuk SEA Games Vietnam

Menpora juga menjelaskan bahwa pihaknya tidak ikut campur dalam penentuan cabang olahraga mana saja yang dikirimkan ke SEA Games. 

Namun, dia memastikan bahwa semua proses dilakukan secara objektif oleh tim review yang bersifat independen dengan menggunakan parameter yang jelas.

“Jadi kami tidak sekadar memberangkatkan seperti yang sebelumnya tidak ada parameter yang jelas. Sekali lagi ini bukan sekadar anggaran, tetapi catatan-catatan yang diberikan tim review itu yang menjadi dasar kami dalam memberangkatkan cabang olahraga dalam event apapun," paparnya.

Menpora melanjutkan, langkah itu dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk perbaikan tata kelola pembinaan olahraga prestasi nasional sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dalam Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang keolahragaan.

Indonesia mengirimkan 738 personel yang terdiri atas 476 atlet, 207 ofisial, dan 55 tenaga pendukung ke SEA Games Vietnam 2021 yang berlangsung pada 12-23 Mei mendatang.

Merah Putih akan turun pada 32 cabang olahraga, termasuk futsal putra dari total 40 cabang yang dipertandingkan di pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara edisi ke-31 itu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X