Meski Terlihat Berbahaya, Latihan Parkour di Taman Puring Diminati

- Sabtu, 1 Februari 2020 | 06:58 WIB
Seorang praktisi parkour sedang melakukan gerakan akrobatik backflip di parkour park, Taman Puring, Jakarta Selatan (Instagram/@aniesbaswedan)
Seorang praktisi parkour sedang melakukan gerakan akrobatik backflip di parkour park, Taman Puring, Jakarta Selatan (Instagram/@aniesbaswedan)

Buat penikmat seni disiplin parkour di Jakarta kini sudah tidak perlu pusing mencari tempat untuk latihan. Mulai dari awal tahun 2020 ini, Jakarta sudah memiliki parkour park sendiri yang berlokasi kawasan Taman Puring, Jakarta Selatan.

Lewat desain yang menyerupai halang rintang, para praktisi parkour bebas mengekspresikan gerakannya yang sudah dilatih terus menerus. Mulai dari teknik vault (melompati rintangan dengan tumpuan), climb up (memanjat), precision jump (lompatan presisi), bahkan sedikin gerakan akrobat seperti backflip juga bisa dilakukan di parkour park. 

Parkour park ini sendiri berdiri berkat program revitalisasi taman dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI. Beberapa taman yang ada, khususnya Taman Puring direvitalisasi untuk kepentingan masyarakat Jakarta.

Sebelumnya, Taman Puring memang menjadi tempat berlatih komunitas Parkour Jakarta. Namun, saat itu mereka menggunakan alat seadanya yang mereka desain dari kocek patungan komunitas. Berkat program revitalisasi ini, komunitas ini akhirnya memiliki fasilitas yang memadai untuk berlatih tanpa mengeluarkan biaya. 

"Nggak ada yang danain, emang udah program Pemprov aja," ujar Yunan Achmad, salah satu pengurus parkour Jakarta saat dihubungi Indozone.

Desainnya sendiri juga dibuat oleh Pemprov yang saling bertukar pikiran bersama komunitas. Terlihat ada deretan tembok berwarna putih, bar, railing, dan lain-lain yang bisa digunakan untuk melakukan gerakan yang sudah disebutkan di atas. 

"Desain taman juga dari Pemprov," ujar Yunan. "Kebetulan kemarin Wawa (salah satu pengurus Parkour Jakarta) pas cabut dari kerjaan, banyak ngambil kerja sampingan tuh. Nah, ada temannya yang kerja di Pemprov. Nah dari situ mulai dah komunikasi bisa nggak buat parkour park."

"Karena kan yang revitalisasi taman bukan Taman Puring saja. Jadi memang sepertinya kebetulan aja nih bisa propose diwaktu taman taman jakarta mau diremodel," tambahnya. 

Program revitalisasi ini juga sempat diunggah oleh Gubernur Anies Baswedan melalui unggahan Instagram miliknya. Revitalisasi taman ini merupakan bagian dari program Taman Maju Bersama (TMB) yang dibuat pada 2019 lalu oleh Pemprov DKI. Program tersebut tidak hanya selalu di lokasi baru, ada juga beberapa taman eksisting yang direvitalisasi. Termasuk Taman Puring.?

"Semua pohon dan tanaman yang sudah ada dipertahankan, menjaga fungsi ekologis taman. Fungsi sosial yang sudah ada kita tingkatkan, fasilitas parkour eksisting di Taman Puring kita upgrade. Desainnya dibuat bersama-sama komunitas parkour," tulis Anies dalam unggahan Instagram miliknya beberapa waktu lalu.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on

?
Tidak hanya parkour park, Taman Puring kini dilengkapi dengan arena skateboard, inline skate, dry fountain, water slide, mini climbing, serta playground skala besar. 

Biat Sahabat Indozone yang tertarik untuk belajar olahraga parkour, yuk sambangi parkour park di Taman Puring, Jakarta Selatan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Parkour Jakarta (@parkourjkt) on

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X