Tim Amerika Perhatikan Kesehatan Mental Atletnya di Olimpiade Beijing 2022

- Rabu, 9 Februari 2022 | 14:46 WIB
Olahraga ski di Olimpiade Beijing 2022. (REUTERS/Denis Balibouse)
Olahraga ski di Olimpiade Beijing 2022. (REUTERS/Denis Balibouse)

Berdasarkan pengalaman dari Olimpiade Tokyo tahun lalu, kontingen Amerika Serikat kini lebih memperhatikan kesehatan mental atletnya yang bertanding di Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Menurut salah satu pejabat pengurus tim Amerika, atmosfer kompetisi di masa pandemi memiliki tingkat tekanan dan rasa kekhawatiran yang lebih besar, sehingga kesehatan mental menjadi tolak ukur keberhasilan kontingen.

Tidak hanya bersaing dengan peserta lain, para atlet juga harus berjuang dengan kecemasan penularan dan menjalankan usaha-usaha pencegahan terinfeksi Covid-19.

Baca Juga: Macam-macam Keluhan Atlet Olimpiade Beijing 2022, Mulai dari Makanan hingga Cuaca

Komite Olimpiade dan Paralimpiade Amerika (USOPC) melakukan pemeriksaan kesehatan mental seputar kecemasan dan depresi tahun lalu untuk mengetahui posisi para atlet sebelum Olimpiade Beijing. Kini, mereka pun membawa banyak sumber daya kesehatan mental ke ibu kota China.

"Salah satu umpan balik yang kami dapatkan setelah Olimpiade Tokyo adalah atlet merasa tidak terjangkau. Jadi kami mencoba untuk memperjelas bahwa kami tidak hanya ada saat kondisi krisis. Kami ada di sana (Beijing) untuk pencegahan dan pemeliharaan kesehatan mental," kata Direktur Layanan Kesehatan Mental USOPC Jessica Bartley, seperti dilansir Reuters, Rabu (9/2/2022).

"Apa yang sebenarnya kami temukan adalah fakta bahwa untuk mengatasi masalah sebelum menjadi krisis atau bekerja dengan seseorang di sekitar kesehatan mental, dapat membuat mereka menjadi atlet yang lebih kuat," tambahnya.

Tim Amerika melakukan pendekatan holistik kepada atlet lewat kegiatan membangun tim, menonton film, dan permainan ringan juga menjadi kegiatan kontingen untuk membantu mengurangi stres.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X