Arab Saudi Habiskan Rp1 Triliun demi Jadi Tuan Rumah Duel Anthony Joshua vs Oleksandr Usyk

- Sabtu, 20 Agustus 2022 | 22:02 WIB
Petinju Ukraina Oleksandr Usyk vs petinju Inggris, Anthony Joshua. (REUTERS/Andrew Couldridge)
Petinju Ukraina Oleksandr Usyk vs petinju Inggris, Anthony Joshua. (REUTERS/Andrew Couldridge)

Arab Saudi dilaporkan menghabiskan 66 juta pounds atau 80 juta dolar AS (sekitar Rp 1,1 triliun) untuk menjadi tuan rumah pertandingan tinju jilid kedua antara Anthony Joshua melawan Oleksandr Usyk di Jeddah.

Kedua petinju akan memperebutkan gelar Juara Dunia Kelas Berat WBA, WBO, dan IBF di King Abdullah Sports City, Sabtu (20/8/2022) waktu setempat.

Baca Juga: Sabuk Juara Legenda Tinju Muhammad di Laga Rumble in the Jungle Laku Rp92,5 Miliar

Dilansir Daily Star, Kamis 19/8/2022) Skills Challenge Entertainment, sebuah agensi olahraga dan hiburan yang berbasis di Riyadh mengusung misi untuk menjadikan Arab Saudi tuan rumah pertarungan tinju papan atas dengan dukungan dari Kementerian Olahraga.

Hal itu senada dengan ambisi Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman menjadikan negara itu sebagai raksasa olahraga sekaligus menggencarkan sektor pariwisata.

Angka 66 juta pounds itu melampaui biaya yang dikeluarkan Arab Saudi untuk menggelar pertandingan Anthony Joshua melawan Andy Ruiz Jnr pada Desember 2019 lalu yakni 60 juta dolar AS (sekitar Rp892 miliar).

Sebelumnya, pada September 2021 lalu, petinju Ukraina, Oleksandr Usyk berhasil merebut sabuk juara tinju kelas berat dunia dari tangan Anthony Joshua usai menang poin dalam pertarungan di Stadion Tottenham Hotspur, London, Inggris.

Saat itu, Joshua masih mampu berdiri hingga 12 ronde pertarungan berakhir, tetapi keputusan bulat wasit memberi Usyk 4 sabuk juara kelas berat WBA, WBO, IBF dan IBO.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X