David Barmasai Pemecah Rekor Dunia Asal Kenya Meriahkan Lari Maybank Marathon di Bali

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 19:18 WIB
David Barmasai Tumo saat memecahkan rekor dunia di Lagos City Marathon 2020. (Foto/Twitter/@PoojaMedia)
David Barmasai Tumo saat memecahkan rekor dunia di Lagos City Marathon 2020. (Foto/Twitter/@PoojaMedia)

Pelari elit internasional meriahkan lomba lari maraton yang digelar di Bali dalam Maybank Marathon 2022 pada 28 Agustus 2022. Lokasi start di Bali Safari & Marine Park, Gianyar, Bali.

Perlombaan skala internasional itu merupakan ajang lomba lari maraton pertama dan satu-satunya di Indonesia dengan label ‘Elite’ dari badan atletik dunia, World Athletic.

Maybank Indonesia memastikan seluruh aspek penyelenggaraan ‘Elite’ label Maybank Marathon 2022 telah memenuhi standar dan persyaratan yang ditetapkan oleh badan atletik dunia tersebut, di antaranya keterlibatan atlet lari elite internasional.

“Kami siap menyelenggarakan Maybank Marathon 2022 dan bersemangat untuk menyambut peserta lari untuk berlomba di acara kami, di Bali akhir Agustus ini," kata Project Director Maybank Marathon, Widya Permana melalui keterangan tertulisnya kepada Indozone, Selasa (16/8/2022).

Pelari internasiona yang sudah memastikan hadir pada ajang tersebut di antaranya David Barmasai Tumo pelari Kenya dan Hassan Toris asal Maroko.

David Barmasai pernah memangangkan ajang Dubai Marathon 2011 secara beruntun selama 3 tahun dan mengalahkan pelari internasional yang sudah berpengalaman. Dia mendapatkan total hadiah 250 ribu dolar AS atas kemenangannya itu.

Pada tahun yang sama dia pernah terpilih untuk tim nasional Kenya di Kejuaraan Dunia Atletik 2011.

Bahkan pada tahun 2020, dia pernah memecahkan rekor dunia dalam Lagos City Marathon. Rekor tersebut pecah setelah bertahan selama empat tahun dengan catatan waktu 2:10:00, memenangkan hadiah utama sebesar $50.000 dan tambahan $20.000 untuk memecahkan rekor empat tahun.

Sejak ajang Maybank Marathon 2022 diumumkan pada akhir Maret lalu, Panitia Penyelenggara telah melakukan rangkaian persiapan, diantaranya, rute lari, persiapan tenaga dan fasilitas medis serta fasilitas pendukung lainnya hingga pengamanan untuk mendukung kelancaran Maybank Marathon 2022 pada 28 Agustus nanti.

Dalam penyelenggaraan Maybank Marathon, faktor keamanan dan keselamatan seluruh peserta lari jadi prioritas.

Masih dalam semangat memperingati satu dekade Maybank Marathon, penyelenggaraan tahun ini akan memperebutkan total hadiah lebih dari Rp2,4 miliar untuk 118 pemenang.

Ada pun jumlah peserta Maybank Marathon 2022 yang sudah melakukan registrasi sebanyak hampir 10.000 peserta di ketiga kategori yang diperlombakan yaitu Marathon (42,195 km), Half Marathon (21,0975 km) dan 10K.

Di samping itu Maybank Marathon juga memperlombakan kategori tambahan untuk peserta anak-anak (children Sprint) dan peserta kategori wheelchair.

Dari segi kewarganegaraan, jumlah peserta Maybank Marathon 2022 tersebut didominasi oleh peserta dari dalam negeri dan dari 50 negara, di antaranya, peserta terbanyak dari Malaysia, Jepang, Singapura, Australia, Inggris, dan lain-lain.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X