Terima Bendera FIBA, Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

- Senin, 16 September 2019 | 12:13 WIB
Bendera Federasi Basket Dunia (FIBA). (Reuters/Thomas Peter)
Bendera Federasi Basket Dunia (FIBA). (Reuters/Thomas Peter)

Piala Dunia FIBA 2019 telah berakhir Minggu (15/9) dengan tim nasional Spanyol sebagai pemenang. Ini artinya Indonesia, bersama Filipina dan Jepang, harus sudah bersiap menggelar Piala Dunia FIBA 2023.

Ketiga negara tersebut memang sudah ditunjuk sebagai tuan rumah selanjutnya. Penyerahan bendera FIBA (Federasi Basket Dunia) di sela-sela partai final menjadi seremoni simbolis kesiapan Indonesia, Filipina dan Jepang. 

"Penyerahan bendera ini sebagai titik nol dimulainya persiapan pelaksanaan Piala Dunia FIBA 2023, artinya Indonesia harus mulai serius mempersiapkan diri," kata anggota Dewan Sentral FIBA Erick Thohir.

Dalam penyerahan bendera itu, Indonesia tak hanya diwakili Erick, tetapi juga Ketua Umum Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Danny Kosasih. Mereka menerima bendera FIBA dari Presiden Asosiasi Bola Basket China (CBA) Yao Ming.

-
Presiden Asosiasi Bola Basket China, Yao Ming. (Reuters/Thomas Peter)

Kesuksesan China dalam menggelar Piala Dunia FIBA 2019 dijadikan tolok ukur buat Indonesia, Filipina dan Jepang. Sebagai tuan rumah, tiga negara ini diyakini bisa memberikan sesuatu yang lebih. 

"Dengan tiga negara yang punya keunikan masing-masing harus menjadi kekuatan untuk memberikan pengalaman berkesan bukan hanya bagi pemain, melainkan setiap penonton dan pendukung basket dari seluruh dunia," ujar Erick Thohir.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X