Indonesia Bantu Pengembangan Pencak Silat dan Bulu Tangkis di Suriname

- Kamis, 22 Agustus 2019 | 15:04 WIB
Pencak silat akan jadi salah satu olahraga yang akan dikembangkan di Suriname/ANTARA FOTO/R. Rekotomo/ama
Pencak silat akan jadi salah satu olahraga yang akan dikembangkan di Suriname/ANTARA FOTO/R. Rekotomo/ama

Salah satu olahraga bela diri asli Indonesia yaitu pencak silat diminati oleh pemerintah Suriname. Maka itu, negara di Amerika Selatan ini, meminta agar olahraga tersebut juga dikembangkan di negaranya.

Pemerintah Suriname meminati pencak silat supaya dapat dikembangkan sebagai salah satu ekstrakurikuler di sekolah-sekolah, sebagai alat untuk memperkuat karakter anak-anak.

Selain itu, pemerintah Suriname akan menjadikan pencak silat sebagai salah satu cabang olahraga prestasi.

"Rombongan Delegasi DPR ketemu dengan Menpora, Mendikbud dan Menlu Suriname. Khusus Menteri Olahraga, beliau minta (dikirim) pelatih pencak silat untuk kegiatan ekstrakulikuker,'' kata Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto.

Indonesia memang memiliki prestasi bagus di pencak silat, bahkan dalam ajang Asian Games lalu, Indonesia menyapu bersih 14 emas dari 16 emas yang diperebutkan.

Selain pencak silat, Utut juga menceritakan bahwa Menteri Olahraga Suriname melirik olahraga bulu tangkis, dimana Indonesia merupakan salah satu penguasa bulu tangkis dunia.

Sebab itu, Menteri Olahraga Suriname meminta agar Indonesia mengirimkan para pelatih bulu tangkis terbaik untuk melatih di negaranya.

"Karena di benua Amerika ini kan ada pekan American Games, seperti Asian Games di kita. Dan cabang badminton dimasukkan ke dalam cabang yang dipertandingkan. Itulah kenapa mereka minta pelatih untuk kedua hal itu," ujar Utut.

Utut menjelaskan, Indonesia harus bisa mengabulkan permintaan ini. Selain untuk memperkuat hubungan kedua bangsa, hal ini juga menunjukkan kiprah Indonesia yang menguasai olahraga yang makin mendunia. 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X