Ikut Bicara Soal Kesehatan Mental Atlet, Tyson Fury: Jangan Nilai Seseorang dari Luarnya

- Sabtu, 7 Agustus 2021 | 15:28 WIB
Tyson Fury. (photo/REUTERS)
Tyson Fury. (photo/REUTERS)

Petinju Inggris, Tyson Fury ikut bicara soal kesehatan mental yang belakangan ramai dibahas para atlet seperti petenis Naomi Osaka hingga pesenam Simeone Biles.

Melalui akun Twitter-nya, Jumat (6/8/2021), Fury mengunggah fotonya saat memegang sabuk UFC usai mengalahkan Wladimir Klitschko pada 2015 dan meminta orang-orang untuk menjaga kesehatan mental mereka.

Juara kelas berat WBC itu mengalahkan legenda Ukraina di Jerman untuk menjadi juara  pertama kalinya, tapi kemenangan itu tidak membuatnya merasa puas.

"Jangan pernah menilai seseorang dari penampilan luarnya," tulisnya dalam keterangan foto.

"Saya melihat ke atas dunia tetapi di dalam saya sekarat. #kesehatanmental #JUSTASK."

Baca juga: Kesal Dituduh Bohong Soal Positif Covid-19, Tyson Furry Maki-maki Deontay Wilder

Petinju yang kini berusia 32 tahun itu didiagnosis dengan gangguan obsesif kompulsif dan bipolar pada 2016.

Dia juga pernah berjuang melawan depresi akibat penyalahgunaan alkohol dan kokain, di mana berat badan Fury naik menjadi 28 pon.

Sejak membuat pemulihan yang luar biasa, dibantu oleh istri setianya Paris, Fury telah mencoba menggunakan platform media sosialnya untuk mempromosikan kesadaran kesehatan mental.

Tentang pengalamannya sendiri, dia mengatakan kepada BBC tahun lalu "Saya mengalami serangan kecemasan besar-besaran dan berakhir di rumah sakit.

"Saya mencurahkan isi hati saya dan bangkit kembali dari lantai dan merasa seperti pria baru."

"Beberapa orang datang menemui saya dan saya mengigau. Saya tidak sehat selama dua bulan; saya takut akan segalanya. Ayah saya datang untuk tinggal bersama saya karena saya terlalu takut untuk hidup sendiri. Saya tidak bisa tidur dengan mati lampu."

Dia kemudian menyimpulkan: "Saya harus menghadapi kenyataan bahwa saya sering menyangkal perilaku saya dan perjuangan seumur hidup yang saya alami dengan depresi.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X