5 Rival Terkuat Valentino Rossi di MotoGP

- Jumat, 6 Agustus 2021 | 11:22 WIB
Valentino Rossi memiliki banyak rival sepanjang kariernya di MotoGP (motogp.com)
Valentino Rossi memiliki banyak rival sepanjang kariernya di MotoGP (motogp.com)

Valentino Rossi telah memutuskan untuk menyudahi perjalanan panjang sebagai seorang pembalap di kejuaraan dunia MotoGP. Rossi sendiri menghabiskan 26 tahun untuk menjalani karier di ajang balap motor tersebut.

Sepanjang perjalanan karier Rossi tersebut, Rossi sendiri memiliki sejumlah rival berat yang dihadapinya. Setidaknya terdapat lima pembalap yang menjadi rival terkuat yang dihadapi Rossi kala berkarier di MotoGP.

Berikut lima rival terkuat Rossi di MotoGP:

Loris Capirossi

Persaingan antara Rossi dan Capirossi pertama kali terjadi di kelas 250 cc (Moto2) musim 1988. Pada musim debut Rossi di kelas 250 cc, ia langsung menjadi penantang Capirossi untuk memperebutkan gelar juara dunia. Meski pada saat itu Rossi harus mengakui keunggulan sang lawan.

-
Loris Capirossi (instagram/@aprilia)

Baru pada musim 1999, Rossi mampu merebut gelar juara dunia kelas 250 cc dari Capirossi. Rivalitas Rossi vs Capirossi berlanjut di kelas MotoGP. Pada kelas tersebut, Rossi mampu lebih superior ketimbang Capirossi.

Sete Gibernau

Gibernau menjelma sebagai rival terkuat Rossi kala menjalani kampanye di MotoGP 2003 dan 2004. Pada saat itu, Gibernau benar-benar menghadirkan perlawanan yang sengit kepada Rossi dalam perebutan gelar juara dunia.

-
Sete Gibernau (instagram/@honda)

Akan tetapi beruntungnya, Rossi tetap berhasil menyabet gelar juara dunia MotoGP 2003 dan 2004. Meski begitu gara-gara persaingan ini membuat hubungan pertemanan Rossi dan Capirossi hancur. Padahal sebelumnya Rossi dan Capirossi kerap menghabiskan waktu bersama-sama.

Jorge Lorenzo

Pada awalnya, Lorenzo tiba ke Tim Yamaha sebagai sidekick Rossi. Akan tetapi siapa sangka, Lorenzo justru menunjukkan performa gemilang dan menjelma sebagai rival terkuat Rossi dalam memperebutkan gelar juara dunia.

-
Jorge Lorenzo (twitter/@MotoGP)

Bahkan karena terlalu sengit persaingan antara Rossi dan Lorenzo, membuat manajemen Tim Yamaha harus membuat sekat di paddock mereka agar kedua pembalap mereka tersebut tidak bersitegang kala menjalani balapan.

Max Biaggi

Rossi dan Biaggi memang sama-sama berstatus sebagai pembalap legendaris Italia. Namun keduanya justru tidak memiliki hubungan harmonis, dan acap kali terlibat persaingan hingga berujung perang kata-kata.

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X