SEA Games 2019: Prajurit TNI AD Kembali Sumbang Medali Emas
Kolase. (Pendam IX/Udayana, Pendam IV/Diponegoro, Pen Kopassus, Antara/Aditya ES Wicaksono)
Sport

SEA Games 2019: Prajurit TNI AD Kembali Sumbang Medali Emas

3 emas dari 3 cabang olahraga.

Jumat, 06 Desember 2019 16:08 WIB 06 Desember 2019, 16:08 WIB

INDOZONE.ID - Prajurit-prajurit TNI AD kembali mengharumkan nama Indonesia dalam gelaran SEA Games 2019 Filipina. Tidak tanggung-tanggung, tiga medali emas dari tiga cabang olahraga berbeda disumbangkan para prajurit TNI AD. 

Pertama, ada Serda Mandeg Suharno yang berhasil menyumbangkan medali emas dari cabang olahraga Sepak Takraw. Berpasangan dengan Andi Tri Saputra, Mandeg yang berdinas di Kodim 0719/Jepara, Kodam IV/Diponegoro ini meraih emas Nomor Ganda Beregu Putra, usai mengalahkan pasangan Myanmar 21-18 dan 21 15 di Subic Gymnasium, Filipina, Kamis (5/12) kemarin.

"Untuk kategori Ganda Beregu Putra, kami terdiri dari beberapa atlet, yakni Hendra Pago, Muliang, Kurniawan, Rizky Pagho, Uba dan saya. Oleh pelatih saya dimainkan beberapa kali, termasuk saat final," ujar pria kelahiran Desa Kendengsidialit, Welahan, Jepara 22 tahun silam ini.

sea games 2019, sepak takraw, kodam iv/diponegoro
Serda Mandeg Suharno (kiri). (Pendam IV/Diponegoro)

Berikutnya, ada Sertu (K) Ni Kadek Anny Pandini yang mampu menyumbangkan medali emas dari cabang olahraga Judo. Turun di kelas 57 Kg, wanita yang berdinas di Jasdam IX/Udayana ini sukes mengalahkan pesaingnya, Judoka Vietnam Nguyen Thi Bich Ngoc dalam partai final di Laus Group Event Center, San Fernando, 2000 Pampanga, Clark, Filipina, Kamis (5/12).

Ini bukan kali pertama Anny mengikuti SEA Games. Kali pertama ikut SEA Games tahun 2011, ia berhasil menyabet medali perak. Di dua edisi berikutnya, Anny meraih medali perunggu (2013) dan emas (2015). Di tahun 2017, lantaran nomor andalannya (57 kg) tidak dipertandingkan, Anny 'terpaksa' turun di nomor 63 kg. Hasilnya, ia tidak meraih medali.

sea games 2019, sea games, judo, kodam ix/udayana
Sertu (K) Ni Kadek Anny Pandini. (Pendam IX/Udayana)

"Saat melawan pejudo Vietnam, saya sempat kalah. Tapi saat penghitungan akumulatif, poin, saya yang paling tinggi," kata wanita kelahiran Denpasar 26 tahun lalu ini.

sea games 2019, sea games, atletik, agus prayogo
Pelari Indonesia Agus Prayogo mengibarkan bendera Merah Putih seusai memasuki garis finish nomor marathon putra SEA Games 2019 di Stadion Atletik New Clark City, Clark, Filipina, Jumat (6/12). (Antara/Aditya ES Wicaksono)

Terbaru, ada Letda Inf Agus Prayogo yang menyumbang medali emas dari cabang olahraga Atletik nomor Maraton. Menorehkan waktu 2 jam 26 menit 48 detik, Agus sukses mengalahkan pesaingnya asal Thailand Sanchai Namkhet dalam perlombaan Jumat (6/12).

sea games 2019, sea games, menembak, kopassus
Lettu Inf Safrin Sihombing dan Pratu Rio Danu saat pengalungan medali. (Kemenpora.go.id Bagus)

Sebelum ketiganya, dua prajurit TNI AD asal Kopassus, Pratu Rio Danu Utama Thabu dan Lettu Inf Safrin Shihombing, sukses meraih medali emas dan perak dari cabang olahraga Menembak nomor Pistol Men PPC WA 1.500. Pratu Rio berdinas di Grup-1 Kopasus, sementara Lettu Inf Safrin Sihombing berdinas di Sat-81 Kopassus.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
fauzi
fauzi

Fauzi

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU