Gagal Tes Doping, Peseluncur Cantik Rusia Ini Tetap Tampil di Olimipade Beijing 2022

- Senin, 14 Februari 2022 | 17:22 WIB
Atlet seluncur indah Rusia, Kamila Valieva. (REUTERS/Evgenia Novozhenina)
Atlet seluncur indah Rusia, Kamila Valieva. (REUTERS/Evgenia Novozhenina)

Atlet seluncur indah Rusia, Kamila Valieva yang dinyatakan gagal tes doping kabarnya tetap diizinkan untuk berkompetisi di Olimpiade Beijing 2022. Hal tersebut sebagaimana keputusan yang dikelurkan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) pada Senin (14/2/2022).

CAS juga menolak banding dari Komite Olimpiade Internasional (IOC), Badan Anti-Doping Dunia (WADA), dan Persatuan Skating Internasional yang meminta agar sanksi larangan bertanding terhadap atlet berusia 15 tahun itu dicabut.

CAS mengatakan bahwa kasus ini merupakan pengecualian mengingat status Valieva yang masih di bawah umur.

Usia muda sang peseluncur menjadi pertimbangan hukumannya sebab ia digolongkan sebagai “Orang yang Dilindungi” di bawah Kode Anti-Doping Dunia.

Baca Juga: Klasemen Medali Sementara Olimpiade Beijing 2022: Jerman dan Norwegia Masih Memimpin

"Panel mempertimbangkan bahwa mencegah atlet berkompetisi di Olimpiade akan menyebabkan kondisi yang berbahaya,” kata Direktur Jenderal CAS Matthieu Reeb, seperti dikutip AFP.

-
Atlet seluncur indah Rusia, Kamila Valieva. (REUTERS/Evgenia Novozhenina)

Setelah adanya keputusan tersebut maka Valieva yang belum bebas dari doping, dapat ambil bagian dalam pertandingan cabang seluncur indah (figure skating) nomor individu yang digelar Selasa (15/2/2022). Ia mendapat posisi teratas dan difavoritkan menang.

IOC dan Persatuan Skating Internasional sebelumnya mengajukan banding atas keputusan Rusia yang mengizinkan Valieva melanjutkan kompetisi di Beijing setelah atlet berusia 15 tahun itu dinyatakan positif pada Desember lalu menggunakan trimetazidine (zat yang terkandung dalam obat angina dan vertigo).

Zat tersebut masuk dalam daftar obat yang dilarang WADA karena dapat meningkatkan aliran darah serta membantu daya tahan.

Valieva memimpin kemenangan tim Rusia untuk meraih medali emas pada cabang olahraga figure skating nomor beregu pekan lalu. Namun tim Rusia tidak dapat melakukan selebrasi menyusul penundaan pengalungan medali karena pelanggaran hukum yang ditemukan.

-
Kamila Valieva. (REUTERS/Evgenia Novozhenina)

Terkait tetap diizinkannya Valieva tampil di Olimpiade Musim Dingin Beijing tahun ini, Komite Olimpiade Amerika Serikat justru menyatakan kekecewaannya.

“Keputusan ini menjadi babak lain dari pengabaian sistematis dan meluas untuk menciptakan olahraga yang bersih oleh Rusia,” kata Komite Olimpiade AS.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X