Pamer Atap Buka Tutup Stadion JIS, Anies: Pertama di Indonesia, Bisa Jadi Contoh Dunia

- Kamis, 17 Juni 2021 | 12:53 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Jakarta International Stadium (JIS). (ANTARA FOTO/Deka Wira Saputra/gp/foc.)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Jakarta International Stadium (JIS). (ANTARA FOTO/Deka Wira Saputra/gp/foc.)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memamerkan rangka atap Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara yang bisa terbuka dan tertutup. Ia pun mengungkapkan rasa bangganya akan proyek itu.

"Impresif, membanggakan, monumental!," tulis Anies dalam unggahan akun Instagram resminya, seperti yang dikutip Kamis (17/6/2021).

Ia mengatakan bahwa pembangunan atap JIS bisa memperlihatkan kepada negara lain bahwa Indonesia bisa membangun proyek dengan mesin Hidrolik Jack yang tersebar di 16 titik kawasan stadion itu.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Jakarta Melonjak, Anies Baswedan: Kita Masuk Fase Genting

"Pembangunan JIS ini bisa menjadi contoh bagi dunia internasional, bahwa bangsa Indonesia sanggup mengerjakan proyek engineering yang kompleks," ungkapnya.

Lebih lanjut, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut pun menjelaskan, proses mengangkat rangka atap secara bersamaan dengan muatan yang sangat berat (3900 ton).

Sistem atap buka tutup dari membuat JIS bisa digunakan dalam cuaca apapun, sehingga bisa dimanfaatkan lebih optimal. Ia menyebutkan proyek ini merupakan terobosan pertama di Asia dan Indonesia.

"Inilah terobosan yang bisa dibilang pertama di Indonesia, stadion dengan atap yang bisa dibuka tutup," tandas Anies.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X