5 Fakta Sirkuit Misano

- Jumat, 13 September 2019 | 18:10 WIB
Seri ke-13 MotoGP 2019 akan diselenggarakan di SIrkuit Misano. (Instagram/@misanoworldcircuit)
Seri ke-13 MotoGP 2019 akan diselenggarakan di SIrkuit Misano. (Instagram/@misanoworldcircuit)

Pada akhir pekan nanti, semua mata penggemar balap MotoGP akan tertuju ke GP San Marino, tepatnya di Misano World Circuit Marco Simoncelli atau akrab disebut Sirkuit Misano.

Sirkuit sepanjang 4,2 kilometer dengan 10 tikungan kanan dan 6 tikungan kiri ini menjadi arena pembuktian ke-13 bagi para rider MotoGP di musim balap kali ini.

Sirkuit Misano merupakan sirkuit dengan karakter unik yang memiliki perpaduan antara tikungan cepat dan lambat, zona pengereman keras dan sektor sirkuit yang mengalir.

Berikut 5 fakta lain mengenai Sirkuit Misano: 

1. Debut balapan pertama

-
Kenny Roberts, juara perdana di Misano. (Instagram/@alpinestars)

Sirkuit Misano pertama kali ditunjuk jadi tuan rumah MotoGP pada tahun 1980. Kala itu, Kenny Roberts berhasil keluar sebagai juara di kelas 500 CC setelah memenangi balapan sebanyak 40 lap.

2. Pernah makan korban

-
Shoya Tomizawa tewas saat balapan di Misano. (Instagram/@blog_gp)

Sirkuit Misano pernah memakan korban pembalap Moto2 asal Jepang, Shoya Tomizawa yang meninggal dunia setelah terlibat kecelakaan fatal dengan Scott Redding dan Alex de Angelis.

3. Wilayah kekuasaan Yamaha

-
Valentino Rossi dan Yamaha punya kenangan manis di Misano. (Instagram/@andrea_bos.88)

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo jadi pembalap terbanyak yang berhasil meraih gelar di sini. Rossi menyabet gelar pada 2008, 2009 dan 2014. Sementara Lorenzo yang saat itu masih memperkuat Yamaha pernah berjaya di sini pada 2011, 2012 dan 2013.

Total, melalui Lorenzo dan Rossi, Yamaha berhasil menggondol 6 kemenangan di Misano.

4. Penghormatan untuk Simoncelli

-
Marco Simoncelli diabadikan jadi nama Sirkuit Misano. (Instagram/@_.alienated_brain._)

Sebelumnya, Sirkuit ini bernama Misano World Circuit. Pada tahun 2012 nama sirkuit ini berganti menjadi Misano World Circuit Marco Simoncelli sebagai bentuk penghormatan kepada sang pembalap yang meninggal dalam balapan di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 2011 lalu.

5. Tidak berada di wilayah San Marino

-
Sirkuit Misano berada 20 km di luar San Marino. (Instagram/@misanoworldcircuit)

Kendati masuk sebagai kalender balap GP San Marino, namun Sirkuit Misano sejatinya tidak berada di wilayah San Marino melainkan masuk teritori Italia tepatnya berada di Provinsi Rimini yang berjarak 20 km dari batas negara San Marino-Italia.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X