Pencapaian Membanggakan Leani Ratri, Berhasil Raih 2 Emas dan 1 Perak di Paralimpiade 2020

- Minggu, 5 September 2021 | 14:54 WIB
Leani Ratri. (REUTERS/Athit Perawongmetha)
Leani Ratri. (REUTERS/Athit Perawongmetha)

Leani Ratri Oktila berhasil mengharumkan nama Indonesia lewat Paralimpiade Tokyo 2020. Dia mendapat julukan sebagai atlet terhebat asal Indonesia karena berhasil meraih dua emas dan satu perak dari cabang olahraga bulutangkis yang diikutinya di ajang bergengsi tersebut.

Dua emas didapat Leani setelah berhasil memenangi nomor ganda putri dan ganda campuran. Sementara itu, untuk medali perak yang diraihnya didapat dari nomor tunggal SL4.

Pada sektor ganda putri, Leani yang berpasangan dengan Khalimatus Sadiyah berhasil mengalahkan pasangan atlet China, Cheng He Fang/Ma Huihui dengan skor 21-18 dan 21-12.

Kemudian, ia kembali bertanding pada nomor ganda campuran dan berpsangan dengan Hary Susanto. Mereka berhasil mengalahkan pasangan atlet Prancis Lucas Mazur/Faustine Noel dengan skor 23-21 dan 21-17.

Baca juga: Bangga! Akhiri Puasa Emas 41 Tahun, Ratri/Sadiyah Sumbangkan Medali Emas Paralimpiade

Untuk medali perak didapatkan oleh Leani setelah kalah di final dari Cheng Hefang dari nomor tunggal putri. Tiga medali yang diraih Leani di ajang Paralimpiade Tokyo ini tentu menjadi hal yang membanggakan untuk Indonesia.

Ini menjadi perolehan medali Paralimpiade terbaik dalam sejarah. Sebelumnya, Itria Dini dan RS Arslen juga pernah menjadi atlet terbaik paralimpiade Indonesia. Mereka berhasil membawa pulang satu emas dan satu perunggu pada Paralimpiade Toronto 1976 di cabang olahraga lempar lembing dan tolak peluru.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X