Jangan Lakukan 5 Hal Ini di Gym, Bikin Orang Gak Nyaman Saat Latihan

- Senin, 18 Juli 2022 | 15:33 WIB
Adab workout di gym (Aldi Buchori/Z Creators)
Adab workout di gym (Aldi Buchori/Z Creators)

Workout atau berolahraga di pusat kebugaran memang menyenangkan dan menjanjikan, apalagi kalau dibantu sama Personal Trainer (PT) dan alat yang lengkap. Namun beberapa hal justru bikin kita kurang nyaman saat latihan.

Tim Z Creators, Aldi Buchori merangkum sejumlah hal yang bikin kalian makin betah di pusat kebugaran atau gym.

1. Kembalikan alat olahraga ke tempatnya

-
Kembalikan dumbbell ke tempat semula (Aldi Buchori/Z Creators)

Dumbbell atau barbel kerap terlihat berserakan di lantai. Selain tak sedap dipandang, hal ini juga menyusahkan orang lain yang akan menggunakan alat tersebut.

Usahakan untuk selalu mengembalikan dumbbell ke tempatnya dan letakkan dumbbell sesuai kelompok beratnya setelah selesai digunakan.

2. Tidak buka baju

-
Jangan buka baju di gym (Aldi Buchori/Z Creators)

Ketika sudah mencapai body goals, banyak orang yang ingin memamerkan bentuk tubuhnya dengan enggak memakai baju saat berolahraga di pusat kebugaran. Namun enggak semua pusat kebugaran atau gym membolehkan hal tersebut. Karena melepas pakaian biasanya membuat keringat langsung menetes ke lantai karena tidak diserap oleh baju.

Sementara buat yang punya bau badan berlebih, melepas baju juga membuat aroma keringat semakin mengganggu. Usahakan untuk pakai deodorant, membawa handuk dan pakai baju yang nyaman saat workout.

3. Meninggalkan bench dengan sisa keringat

-
Bersihkan bench ketika selesai berolahraga (Aldi Buchori/Z Creators)

Beberapa jenis latihan di gym memerlukan bench atau bangku sebagai alas, namun beberapa orang kadang langsung pergi tanpa membersihkan sisa keringatnya. Hal ini tentu dianggap jorok oleh orang lain.

Usahakan untuk mengelap sisa keringat kita di bench menggunakan handuk sebelum pindah ke alat lain.

4. Gunakan alat seperlunya 

-
Gunakan alat dengan adil dan bijak (Aldi Buchori/Z Creators)

Fokus latihan para atlet biasanya berbeda setiap harinya. Tapi bukan berarti saat kalian ingin fokus cardio lalu menggunakan alat treadmill sepanjang waktu. Kamu memang sudah membayar biaya sewa untuk semua alat di gym, tapi bukan berarti kamu bisa egois menggunakan tanpa mengingat waktu.

Gunakan setiap alat secukupnya dan hargai pengunjung lain yang juga ingin menggunakannya.

Atau kamu bisa join dengan orang lain untuk bergantian menggunakannya. Karena satu jenis alat jumlahnya enggak banyak dan enggak hanya untuk kamu seorang.

5. Buang sampah pada tempatnya

-
Menjaga kebersihan di pusat kebugaran (Aldi Buchori/Z Creators)

Ini berlaku enggak hanya di gym tapi di semua tempat. Dengan membuang sampah di tempatnya mencerminkan pribadi cinta kebersihan dan kamu bisa membantu meringankan tugas staff kebersihan di tempat kebugaran.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X