Tour of Kemala Belitong 2022: Pesepeda Filipina Jadi Juara

- Minggu, 18 September 2022 | 13:47 WIB
Para pebalap sepeda mengikuti gelaran Tour of Kemala Belitong 2022 yang berlangsung di Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (18/9/2022). (ANTARA/HO/Dok ISSI)
Para pebalap sepeda mengikuti gelaran Tour of Kemala Belitong 2022 yang berlangsung di Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Minggu (18/9/2022). (ANTARA/HO/Dok ISSI)

Ajang balap sepeda internasional Tour of Kemala Belitong 2022 digelar pada Sabtu-Minggu (17-18 September 2022) di Tanjung Tinggi, Belitung. Pesepeda asal Filipina Marco Salvador Lumanong tampil sebagai salah satu pemenang.

Tour of Kemala Belitong 2022 adalah ajang balap sepeda internasional yang digelar Yayasan Kemala bekerja sama dengan Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI). Kompetisi itu diikuti ratusan pembalap nasional dan internasional.

Baca JugaBinaraga Resmi Dipertandingkan di PON 2024, Ancam Tegas soal Doping

Start pertama dimulai dari Tentang Kopi Black Rocks Belitung, Tanjung Tinggi, Belitung, sama seperti kategori Bicycle Race 125 km yang telah digelar Sabtu (17/9/2022). 

Trek yang dilalui peserta dalam mengayuh sepedanya melewati jalanan yang menurun dan beberapa tanjakan, dengan kontur jalan yang sangat menantang.

Marco sukses memenangi perlombaan kategori touring dengan jarak tempuh 56 kilometer pada kategori Men Elite dan berhak atas hadiah Rp7,5 juta.

Baca Juga: Ciee! Pebulutangkis Putri Andalan Turki Ini Sah Lepas Masa Lajangnya

Menurutnya, trek jalan di Belitung penuh tantangan, tetapi memiliki pesona tersendiri, dengan pemandangan indah yang memanjakan mata.

"Saya akan ajak-ajak teman-teman dari Filipina jika digelar kembali acara seperti ini," ujar pebalap sepeda berusia 29 tahun itu dikutip dari Antara, Minggu (18/9/2022).

Trek sepeda Tour of Kemala Belitong 2022 memang indah karena menyusuri tepi pantai. Selain gugus pantainya, Kepulauan Belitung memiliki bebatuan unik sehingga ditetapkan UNESCO sebagai global geopark.

Ketua Pengurus Pusat Yayasan Kemala sekaligus Ketua Pelaksana Tour of Kemala 2022, Winny Agung Budi Maryoto mengatakan, event ini diproyeksikan untuk menjadi agenda kegiatan tahunan. Dia menyebut Tour of Kemala akan didaftarkan ke induk organisasi internasional olahraga sepeda UCI (Union Cycliste Internationale), sebagai bagian dari UCI Grandfondo.

"Harapannya, Tour of Kemala 2022 ini bisa menjadi ajang pengembangan sport tourism atau wisata olahraga," imbuh Winny. 

Winny juga menyambut gembira dukungan dari Le Minerale sebagai official mineral water di acara ini. Menurutnya, pabrikan air kemasan yang memiliki mineral essensial ini dapat menambahkan semangat para peserta yang bertanding dan memastikan asupan air mineral sehat yang diperlukan untuk menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh saat bersepeda. 

"Ketika bersepeda cairan tubuh dan mineral akan berkurang. Oleh sebab itu, dibutuhkan asupan air mineral yang mengandung mineral essensial yang dapat menjaga kebugaran tubuh dan memiliki rasa yang segar," ujar Winny.

Halaman:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X