Proses Panjang Audisi Umum Djarum Hingga Lahirkan Sang Juara

- Selasa, 10 September 2019 | 15:00 WIB
Peserta Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis. (dok. PB Djarum)
Peserta Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis. (dok. PB Djarum)

Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis saat ini menjadi polemik. Djarum Foundation selaku pemrakarsa memutuskan audisi dihentikan mulai 2020. 

Alasannya agar polemik soal tudingan ekploitasi anak berakhir. Namun, hal tersebut justru membuat sejumlah pihak kecewa, termasuk orang tua peserta.

Sebenarnya, apa sih Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis?

Ajang ini merupakan pencarian bakat atlet bulutangkis di usia muda. Audisi Umum Djarum fokus pada kategori U-11 (umur 6-10 tahun) dan U-13 (umur 11-12 tahun). 

-
Peserta Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis. (dok. PB Djarum)

Audisi tersebut digelar setiap tahunnya, sejak pertama kali diselenggarakan yaitu pada tahun 2006. Ada beberapa kota yang ditunjuk sebagai tuan rumah, kebanyakan di daerah Jawa.

Djarum tak memungut biaya untuk pendaftaran. Namun, biaya transportasi dan akomodasi ditanggung peserta. 

Alur Audisi

Para peserta yang sudah mendaftar di kota masing-masing, akan mengikuti seleksi. Di audisi awal, para peserta akan melewati tahap screening untuk mengetahui teknik dasar bulutangkis peserta. Lalu ada tahap turnamen untuk menentukan siapa yang berhak ke tahap selanjutnya.

Mereka akan dipantau langsung legenda bulutangkis dan pelatih dari Perkumpulan Bulutangkis (PB) Djarum.

-
Para pemantau bakat dalam Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis. (dok. PB Djarum)

Jika dinyatakan lolos, peserta akan mendapatkan super tiket atau tiket emas untuk melaju ke audisi final. Mereka yang lolos dari tiap daerah akan kembali di adu di GOR Djarum Jati, Kudus, kandangnya PB Djarum.

Pada tahap ini, para peserta kembali melewati seleksi. Prosesnya hampir sama seperti tahap audisi awal. 

Ditempa Mental

Nantinya, dipilih beberapa peserta dari kategori umur untuk maju ke tahap karantina di asrama PB Djarum. Mereka akan menjalani tahap ini selama kurang lebih satu pekan. 

-
Peserta Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis berjibaku di lapangan. (dok. PB Djarum)

Anak-anak yang lolos karantina akan ditempa mental dan karakternya. Mereka juga bakal dipantau kedisiplinan, konsistensi semangat, serta kehidupan sehari-harinya. 

Mereka yang terbaik akan mendapat beasiswa bulutangkis PB Djarum. Tak hanya pengetahuan soal bermain bulutangkis, mereka juga tetap mendapatkan pendidikan sekolah yang tentunya dibiayai Djarum Foundation. Selain itu, kebutuhan gizi dan yang lain juga dipenuhi. 

Sudah Hasilkan Beberapa Juara Dunia

Dari audisi ini, PB Djarum sudah menghasilkan sejumlah pemain top. Beberapa di antaranya menjadi atlet nasional yang menghiasi pelatnas Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X