Klasemen Medali SEA Games 2023: Persaingan Ketat di 5 Besar!

- Rabu, 10 Mei 2023 | 10:39 WIB
Perenang Indonesia I Gede Siman Sudartawa meraih medali emas di SEA Games 2023. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Perenang Indonesia I Gede Siman Sudartawa meraih medali emas di SEA Games 2023. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Persaingan ketat terjadi di peringkat lima besar klasemen sementara perolehan medali SEA Games 2023 di mana Thailand, Vietnam, Kamboja, Filipina, dan Indonesia saling susul menyusul.

Thailand berhasil menduduki puncak klasemen, pada Selasa malam (9/7/2023), yang selama ini ditempati Kamboja. Bahkan, sang tuan rumah terlempar ke urutan tiga saat Vietnam berhasil mempertahankan posisinya di peringkat kedua.

Perolehan Medali Tidak Terlalu Jauh

Selisih perolehan medali emas yang tidak berbeda jauh antara tiga negara di peringkat teratas tersebut -- Thailand 40 emas, sementara Vietnam dan Kamboja sama-sama mengumpulkan 39 emas -- membuat persaingan semakin sengit.

Baca Juga: Cuma Berlatih 6 Bulan, Atlet Depok Sumbang Medali Pertama di SEA Games Cabor Kun Bokator

Dengan demikian, perolehan medali perak dan perunggu menjadi faktor lain yang menentukan kedudukan klasemen. Hingga Rabu pagi WIB, Vietnam menjadi negara dengan perolehan total medali terbanyak dengan 124 medali.

Vietnam berpotensi besar menjadi yang teratas pada penutupan hari ini mengingat perbedaan yang sangat tipis pada perolehan emas, sementara Thailand dan Kamboja masing-masing mengoleksi total 115 medali dan 117 medali.

-
Timnas Hoki Putra Indonesia sabet medali emas di SEA Games 2023. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal))

Indonesia Terpaku di Posisi Kelima pada Klasemen Medali SEA Games 2023

Sementara itu, di peringkat keempat dan kelima terjadi persaingan ketat antara Filipina dan Indonesia. Dengan jumlah emas yang sama dengan kontingen Merah Putih, Filipina naik satu posisi ke urutan empat menggeser Indonesia.

Filipina mengumpulkan total 106 medali, selisih tujuh medali dari Indonesia. Meski begitu, bukan tidak mungkin tim Merah Putih mengambil alih posisi keempat, bahkan kembali menempati peringkat tertingginya di urutan kedua.

Baca Juga: Dikalahkan Vietnam, Timnas Crossfire Indonesia Harus Puas Raih Perak di SEA Games 2023

Pada hari kelima penyelenggaraan SEA Games 2023, Rabu (10/5/2023), Indonesia berpotensi menambah pundi-pundi medali lewat cabang olahraga atletik.

Beberapa nomor andalan tim atletik Indonesia akan dilombakan, di antaranya lompat jauh, estafet 4x100 meter putra, dan nomor 100 meter lari gawang putri. Cabang olahraga esport juga berpeluang menambah emas hari ini melalui nomor Valorant.

Berikut klasemen perolehan medali SEA Games 2023 pada Rabu (10/5/2023) pukul 08.00 WIB:

-
Klasemen perolehan medali SEA Games 2023. (cambodia2023.com)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X