Jelang F1PowerBoat, Menpora Amali Yakin Danau Toba Jadi Daya Tarik Para Pembalap

- Selasa, 14 Februari 2023 | 21:01 WIB
Menpora RI Zainudin Amali, menjadi narasumber pada Dialog FMB9 (Forum Merdeka Barat 9) secara virtual dari Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta. (Dok. Kemenpora)
Menpora RI Zainudin Amali, menjadi narasumber pada Dialog FMB9 (Forum Merdeka Barat 9) secara virtual dari Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta. (Dok. Kemenpora)

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali, menjadi narasumber pada Dialog FMB9 (Forum Merdeka Barat 9) secara virtual dari Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta. Menpora Amali sampaikan Danau Toba miliki daya tarik bagi pembalap F1PowerBoat Lake Toba, Indonesia.

"Saya selalu sampaikan di beberapa kesempatan bahwa di Danau Toba ini sangat jauh berbeda dengan yang seri terakhir di Sharjah, UEA. Di UEA itu buatan yang di sini alami. Jadi sangat jauh berbeda disana panas disini sejuk," kata Menpora Amali yang juga selaku Ketua Panitia Pelaksana F1PowerBoat Lake Toba, Senin (13/2).

Menurut Menpora Amali, Danau Toba memiliki sederet alasan yang mampu membuat betah para pembalap F1PowerBoat Lake Toba. Meski, Indonesia belum memiliki federasi dan atlet untuk olahraga air, F1PowerBoat.

"Saya berkeyakinan bahwa para pembalap dunia ini akan betah untuk melakukan balapan ini. Mereka pernah sampaikan ke saya, 'Apakah setelah balap boleh nambah stay di Danau Toba?'. Karena mereka ini penasaran dengan Danau Toba ini karena bukan buatan manusia," urai Menpora Amali.

"Kenapa mereka mau membalap disini, meski kita belum ada tim balapnya, berarti ada yang menarik di Toba dan Indonesia ini dan teman-teman dari InJourney mempackagenya dengan bagus sehingga kita mendapatkan kesempatan lima tahun dan pasti mereka akan terus membalap disana," tambah Menpora Amali.

Federasi internasional F1Powerboat, lanjut Menpora Amali, ingin benar-benar membantu walaupun tahu bahwa olahraga ini belum populer di Indonesia.

"Mereka ingin membantu kita, karena olahraga ini memang belum populer, belum ada tim balap dan organisasi nasionalnya. Untuk sementara kita tumpangkan ke IMI untuk dipersiapkan jika suatu saat nanti ada federasi nasionalnya," papar Menpora Amali.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, menyampaikan even F1PowerBoat Lake Toba sudah menjadi ajang yang diprioritaskan di salah satu destinasi super prioritas Indonesia.

"Untuk persiapan main venue di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu dan Lapangan Sisingamangaraja Balige alhamdulillah semua telah mencapai tahap akhir. Wet dan dry paddock ini juga sudah dipersiapkan untuk ribuan penonton yang ditargetkan sekitar 25 ribu penonton," ujarnya.

Baca juga: Menpora Amali Harap Pengurus Baru PB PGI 2023-2027 Bisa Tingkatkan Pembinaan Atlet Junior

"Sarana dan prasarana lainnya juga telah dikoordinasikan oleh Pak Menpora, selaku Ketua Panitia Pelaksana. Kami mendukung dengan aksesibilitas, amenitas dan fasilitas pendukung lainnya termasuk kesiapan SDM-nya," papar Sandiaga. (adv)

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X