Ini Berbagai Manfaat Olahraga Panahan untuk Kesehatan Tubuh dan Pikiran

- Sabtu, 30 Mei 2020 | 13:57 WIB
Ilustrasi olahraga panahan. (Unsplash/Sadie Esch)
Ilustrasi olahraga panahan. (Unsplash/Sadie Esch)

Panahan merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup populer di Indonesia. Banyak yang beranggapan bahwa olahraga ini mudah untuk dilakukan karena hanya memerlukan busur dan anak panah untuk memanah target. 

Tapi dibalik anggapan tersebut, olahraga yang satu ini justru amat membutuhkan koordinasi yang baik antara tangan dan juga mata agar anak panah yang dilepaskan dapat mengenai target dengan tepat. 

Selain melatih koordinasi antara dua anggota tubuh tersebut, olahraga panahan juga dinilai memiliki manfaat lain. Apa saja ya?

-
Ilustrasi olahraga panahan. (Unsplash/Niklas Tidbury)

Pertama, ketika kamu memulai olahraga ini, kamu dituntut untuk mampu menghalau semua gangguan yang muncul di sekitar ataupun di pikiranmu. Ini dimaksudkan agar kamu dapat berkonsentrasi penuh saat akan melepaskan anak panah. Jadi dapat dikatakan bahwa olahraga ini mampu membantumu untuk fokus pada suatu hal yang menjadi targetmu.

Selanjutnya, jika olahraga ini rutin dilakukan, maka secara otomatis kesabaranmu akan semakin meningkat. Hal ini sejalan dengan anak panah yang dilepaskan tak selalu tepat mengenai target yang kamu harapkan. 

-
Ilustrasi olahraga panahan. (Unsplash/Vince Fleming)

Secara tak langsung, ketika kamu sabar dan mengulanginya terus-menerus hingga berhasil tanpa mengeluh, itu artinya tingkat kesabaranmu dalam menghadapi sebuah masalah sudah teruji dengan baik.

Dan, melakukan olahraga panahan ternyata juga dapat meningkatkan kekuatan otot. Sebab pada saat tubuhmu berusaha menarik tali pada busur panah sebelum melepaskan anak panah ke target, anggota tubuhmu seperti bahu, lengan, perut, punggung serta kakimu harus berada pada sikap tubuh yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan hal itu dapat melatih meningkatkan kekuatan otot-otot di tubuhmu. 


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X