Kapal Cepat Penunjang Ajang Balap WSBK di Sirkuit Mandalika Disiapkan

- Rabu, 10 November 2021 | 16:35 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi (tengah) didampingi para pejabat daerah di NTB (ANTARA/HO-Penrem 162/WB)
Menhub Budi Karya Sumadi (tengah) didampingi para pejabat daerah di NTB (ANTARA/HO-Penrem 162/WB)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya telah menyiapkan kapal cepat sebagai sarana penunjang ajang balap motor di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

"Kami siapkan kapal cepat untuk di Bali dan Sumbawa," kata Budi Karya usai menyaksikan langsung simulasi pengamanan kontingensi perhelatan balap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) dan World Superbike (WSBK) 2021 di Eks Bandara Selaparang, Mataram, Rabu (10/11/2021) seperti dilansir dari Antara.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan sarana transportasi darat untuk memudahkan pengunjung datang ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Baca Juga: Lombok Barat Gelar Festival Air Sambut WSBK Mandalika

"Banyak kami siapkan bus, ada yang 'point to point', ada juga bus gratis untuk para pengunjung ke Mandalika dan juga yang bisa keliling kawasan, tetapi tidak masuk ke dalam (sirkuit), karena itu tidak boleh," ujarnya.

Terkait dengan hal itu, Budi Karya dalam kunjungannya bersama rombongan Kementerian Perhubungan ke Lombok, juga akan memastikan persiapan dari sarana transportasi tersebut.

"Saya akan lihat bagaimana persiapan dukungan pusat untuk kegiatan yang akan terlaksana di Mandalika sebagai tujuan dari proyek strategis nasional," ucap dia.

Dalam simulasi pengamanan kontingensi, seluruh pemangku kepentingan dari perhelatan balap di Sirkuit Mandalika memperagakan perannya ke hadapan tamu undangan.

Kegiatan yang disimulasikan antara lain, pengaturan arus lalu lintas pengunjung, pengawalan tamu VVIP, pengamanan unjuk rasa, penanggulangan aksi teror serta bencana. Seluruh adegan diperagakan dengan melibatkan berbagai peran yang ahli di bidangnya masing-masing.

Dalam simulasi tersebut, turut dihadirkan sarana pendukung pengamanan kontingensi, baik dari TNI, Polri, basarnas, dinas perhubungan, Satpol-PP, dinas pemadam kebakaran, dan Basarnas.

Dari kegiatan yang digagas oleh Polda NTB itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah turut hadir dan mendampingi Menteri Perhubungan. Demikian juga dengan Danrem 162/WB Brigjen Pol Ahmad Rizal Ramdhani, beserta seluruh pemangku kepentingan dari perhelatan IATC dan WSBK 2021.

Sirkuit Mandalika pada 12-14 November 2021 akan menjadi lokasi perdana untuk ajang balap motor IATC 2021. Sepekan kemudian, diselenggarakan WSBK 2021 yang sekaligus menjadi seri penutup dari gelaran balap motor kelas dunia tersebut.

Dalam gelaran WSBK 2021, Sirkuit Mandika menjadi satu-satunya seri Asia dalam rangkaian kegiatan pada musim ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X