F1 Rusia Tetap Ngebut di Bawah Bayang-bayang Sanksi WADA
Formula 1 Rusia di Sirkuit Sochi. (Reuters/Anton Vaganov)
Sport

F1 Rusia Tetap Ngebut di Bawah Bayang-bayang Sanksi WADA

Masih akan berlangsung hingga 2025

Selasa, 10 Desember 2019 13:52 WIB 10 Desember 2019, 13:52 WIB

INDOZONE.ID - Badan Anti Doping Dunia (WADA) resmi melarang Rusia untuk ikut dalam penyelenggaraan berbagai ajang olahraga besar dunia karena terbukti bersalah mengakali data laboratorium dengan bukti palsu terkait tes doping positif para atletnya.

Akibat skandal ini, nama besar Rusia di dunia olahraga harus tercoreng dengan dilarang tampil dalam ajang besar olahraga seperti Olimpiade dan Piala Dunia.

Namun bukan berarti turnamen atau kejuaraan olahraga di Rusia bakal berhenti total, salah satu turnamen yang akan terus berjalan di bawah bayang-bayang hukuman WADA adalah Formula 1 Rusia yang dihelat di Sirkuit Sochi.

Menanggapi hal ini promotor F1 Rusia, ROSGONSKI angkat bicara, bahwa tak ada hubungannya antara skandal doping dengan pelarangan F1 di Rusia.

"Kontrak untuk mengadakan kejuaraan dunia Formula 1 Rusia ditandatangani pada 2010, jauh sebelum dijatuhinya sanksi oleh WADA, dan akan berlangsung hingga 2025," ucap promotor F1 Rusia, ROSGONSKI dalam sebuah pernyataan.

ROSGONSKI menambahkan jika kontrak kerja yang sudah ditandatangani secara hukum tidak memungkinkan untuk mengalihkan F1 GP Rusia ke tempat lain.

"Kami yakin bahwa Grand Prix Formula 1 Rusia akan diadakan pada tahun 2020 dan di tahun-tahun berikutnya," tambahnya.

Selain F1 yang akan terus berjalan, Rusia masih akan boleh berpartisipasi di ajang sepak bola Euro 2020 karena ajang yang dihelat oleh UEFA ini tidak masuk dalam kategori agenda besar olahraga dunia.

Selain itu atlet-atlet Rusia yang bersih dari doping dan dapat menunjukkan buktinya, masih bisa ikut di ajang olahraga besar lainnya namun bukan dengan bendera dan lagu kebangsaan Rusia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Richardo

Richardo

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU