Pesona Dhea Nazhira, Atlet Cantik yang Pulang Naik Bus Raih Emas PON, Jago Renang Sejak TK

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:41 WIB
Pesona Dhea Nazhira atlet selam asal Ciamis Jabar yang hobi renang sejak TK (Istimewa)
Pesona Dhea Nazhira atlet selam asal Ciamis Jabar yang hobi renang sejak TK (Istimewa)

Dhea Nazhira Nur Amalina, atlet selam asal Ciamis, Jawa Barat yang berhasil meraih medali emas dalam cabang olahraga selam nomor Bifins Putri 50 meter PON XX Papua di Area Aquatik Kampung Harapan Kabupaten Jayapura, Rabu (6/10/2021), kini menyita perhatian khalayak.

Tak cuma karena parasnya yang cantik serta prestasinya yang membanggakan, tetapi juga karena aksinya yang memilih naik bus umum ketimbang dijemput oleh Pemerintah Ciamis.

-
Dhea Nazhira pulang naik bus (Istimewa)

Dhea sendiri merupakan siswi kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Ciamis. Atlet kebanggaan Jabar ini dikenal sebagai sosok perenang yang memiliki prestasi luar biasa. Ia juga diketahui sudah mulai terjun di dunia selam sejak masih kanak-kanak.

Sebelum berlaga di PON XX Papua 2021, atlet cantik kelahiran 9 Mei 2004 itu juga telah meraih sejumlah prestasi di tingkat daerah maupun nasional. Dhea pernah meraih waktu 24,00 detik pada ajang Pra Kualifikasi PON yang digelar di Pasuruan, Oktober 2019 lalu. 

Putri dari pasangan Aceng Habludin dan Desi Arisandi itu sudah mulai menunjukkan minat dan bakat berenang sejak masih duduk di bangku TK. Ia kemudian mengikuti Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan Seluruh Indonesia (KRAPSI) pada tahun 2013, yang digelar oleh Perkumpulan Renang Millenium Aquatic (MNA), bertempat di Stadion Renang GBK Jakarta. Saat itu, usia Dhea masih 9 tahun. 

-
Dhea Nazhira (Istimewa)

Selain menjadi kebanggaan Jabar, Dhea Nazhira juga mendadak ramai dibicarakan lantaran naik angkutan umum sepulang bertanding di PON Papua. Dhea menaiki bus umum dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung, menuju kampung halamannya di Kabupaten Ciamis. 

Dhea mengaku, kepulangannya menaiki bus itu sengaja dilakukannya untuk memberi kejutan kepada keluarganya dan ingin segera beristirahat di rumah.

Di PON Papua, gadis 17 tahun itu mencatatkan waktu 22,90 detik, bersamaan dengan atlet Papua Margaretha Herawati. 

Dengan demikian, Dhea dan Margaretha sama-sama meraih medali emas pada nomor tersebut. Sementara medali perak diraih oleh atlet Bali, Ni Luh Citra Dewi, dengan catatan waktu 22,93 detik.

-
Dhea Nazhira (Istimewa)

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X