Kejuaraan Dunia Taekwondo 2021: Indonesia Sabet 1 Medali Emas

- Jumat, 24 Desember 2021 | 16:36 WIB
Ilustrasi - Atlet tim taekwondo Jawa Tengah di PON Papua (ANTARA FOTO/Fauzan)
Ilustrasi - Atlet tim taekwondo Jawa Tengah di PON Papua (ANTARA FOTO/Fauzan)

Indonesia berhasil menyabet 1 medali emas dalam Online 2021 World Taekwondo Poomsae Open Challenge Final melalui Andi Sultan yang turun pada kategori freestyle male cadet.

Atlet asal DKI Jakarta itu mencatatkan skor 6.220 dalam penilaian yang dilakukan pada 20-23 Desember. Andi mengalahkan wakil Iran M Habibzadeh yang harus puas dengan perak setelah mendapatkan nilai 5.960. Sementara perunggu bersama diraih O. Martinez (Meksiko) dan H.Shi (Makau) masing-masing dengan skor 5.750 dan 5.500.

Dari keterangan resmi Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI), Jumat, (24/12/2021), selain Andi Sultan, Indonesia juga menurunkan 2 atlet lainnya asal Jawa Barat yakni M. Nadim Faturrahman dan Naylana Khansa Janneta.

Sayangnya, Nadim yang turun dalam kategori recognize male cadet dan Naylana pada freestyle female cadet gagal menyumbang medali. Nadim gagal meraih medali perunggu setelah kalah tipis dari taekwondoin asal Hong Kong yang meraih skor 7.310 sedangkan  Nadim 7.300.

Emas pada kategori ini diraih atlet asal Korea H. Kim dengan meraih skor 7.470. Medali perak diraih taekwondoin asal Peru R. Perez dengan skor 7.360.

Baca Juga: SEA Games Vietnam: Indonesia Ditargetkan Rebut 5 Medali Emas dari Cabor Esports

Sementara itu Nayla menempati peringkat kelima setelah mendapat skor 5.380. Medali emas pada kategori freestyle female diraih taekwondoin Amerika Serikat (AS) yang mencetak skor 6.080. Kemudian B. Corradeshi (Italia) meraih perak dengan 5.960 dan perunggu masing-masing diraih C. Chiang (Makau) dengan 5.720 dan A.Amrafe (Iran) dengan 5.640.

World Taekwondo (WT) menggelar event level G2 ini secara online atau virtual karena berlangsung di tengah pandemi. Sebelumnya, telah berlangsung rangkaian World Taekwondo Poomsae Open Challenge I, II, dan III. Dengan kata lain, ini adalah grand final atau putaran akhir dari rangkaian tersebut.

Ketua Umum PBTI Letjen TNI (Purn) H.M Thamrin Marzuki lantas mengapresiasi kinerja atlet-atlet Tanah Air tersebut.

"Saya sebagai Ketua Umum PBTI merasa bangga, atlet muda kita berprestasi di tingkat global. Ini menunjukkan walaupun dalam kondisi pandemi COVID–19, pembinaan atlet di pusat maupun di daerah tetap berjalan secara optimal," ujar Thamrin.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X