Selamat! Amerika Serikat Jadi Juara Umum Olimpiade, Salip China di Hari Terakhir

- Minggu, 8 Agustus 2021 | 14:46 WIB
Atlet AS kibarkan bendera usai raih medali emas (REUTERS/Murad Sezer)
Atlet AS kibarkan bendera usai raih medali emas (REUTERS/Murad Sezer)

Amerika Serikat menutup Olimpiade Tokyo 2020 dengan menjadi juara umum. Mereka berhasil mendapatkan tiga medali emas di hari terakhir, Minggu (8/8/2021).

Para atlet negeri Paman Sam berakhir dengan raihan 39 medali emas, 41 perak dan 33 perunggu. AS berhasil menyalip China yang berada di posisi kedua dengan 38 emas, 32 perak dan 18 perunggu.

Dengan begini, Amerika melanjutkan dominasi mereka selalu menjadi juara umum Olimpiade dalam enam dari tujuh edisi terakhir sejak Atlanta 1992. Hanya satu kali mereka menyerahkan takhta juara umum, yaitu kepada China saat menjadi tuan rumah di Olimpiade Beijing 2008.

Rangkaian Olimpiade Tokyo masih menyisakan dua partai final, yakni untuk handball putri dan polo air putri. Tetapi atlet AS dan China tidak terlibat di dalamnya. Sehingga hasil kedua laga itu tidak akan mengubah perebutan posisi juara umum.

Di hari terakhir ini, AS awalnya tertinggal dua emas dari China yang menduduki puncak. Mereka kemudian mendapatkan medali emas lewat tim bola basket putri, balap sepeda trek omnium putri, dan emas terakhir berasal dari  tim bola voli putri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X