Akhir Pahit Karier Jorge Lorenzo

- Jumat, 15 November 2019 | 10:10 WIB
Pembalap MotoGP asal Spanyol, Jorge Lorenzo. (motogp.com)
Pembalap MotoGP asal Spanyol, Jorge Lorenzo. (motogp.com)

Pembalap asal Spanyol Jorge Lorenzo resmi mengumumkan pensiun dari balapan MotoGP, Kamis (14/11). MotoGP Valencia yang akan dihelat akhir pekan ini, bakal menjadi balapan terakhir untuk Lorenzo.

Pembalap yang dijuluki X-Fuera itu sebenarnya masih menyisakan kontrak satu musim lagi dengan Repsol Honda. Namun, dia merasa tak sanggup lagi bersaing.

-
Pembalap Repsol Honda Jorge Lorenzo. (motogp.com)

Lorenzo mengatakan, keputusan ini didasari rentetan cedera yang menimpanya sejak September 2018. Alhasil, performanya pun tak maksimal.

"Saya pikir ini keputusan terbaik. Honda dan saya harus bersaing untuk menang," kata pembalap berusia 32 tahun tersebut.

Karier Lorenzo ajang balapan grand prix terbilang cemerlang. Sejak turun di kelas 125cc pada 2002, Lorenzo sudah mengoleksi lima gelar juara dunia.

-
Jorge Lorenzo saat masih di Yamaha. (motogp.com)

Tiga trofi di antaranya direbut saat dirinya masih menggeber motor Yamaha di ajang MotoGP. Saat itu, bisa dibilang merupakan masa jaya dari X-Fuera.

Sayangnya, karier Lorenzo mulai melempem sejak memutuskan pindah ke Ducati pada 2017. Dia kesulitan bersaing dengan pembalap lainnya, seperti Marc Marquez, Andrea Dovizioso dan Maverick Vinales. 

-
Jorge Lorenzo (tengah) saat memenangi balapan bersama Ducati. (motogp.com)

Bahkan, di penghujung kariernya, Lorenzo bisa dikatakan sangat terpuruk. Jangankan naik podium, Lorenzo bahkan kesulitan untuk menembus 10 besar musim ini.

Pencapaian terbaiknya adalah finis di posisi ke-11 saat balapan di MotoGP Prancis. 

Kini, Lorenzo menempati posisi ke-19 klasemen sementara pembalap dengan torehan 25 poin. Rekor terburuk sepanjang kariernya di MotoGP

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X