Api Abor ASEAN Para Games Ternyata Diambil dari Api Abadi Merapen

- Rabu, 20 Juli 2022 | 21:21 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (kiri) didampingi Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (Inaspoc) Gibran Rakabuming Raka (kedua kiri) melihat latihan atlet Boccia sekaligus mencoba venue di Gor Fakutas Keolahrgaan (FKOR) UNS , S
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali (kiri) didampingi Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (Inaspoc) Gibran Rakabuming Raka (kedua kiri) melihat latihan atlet Boccia sekaligus mencoba venue di Gor Fakutas Keolahrgaan (FKOR) UNS , S

Ketua Indonesia National Paralympic Organization Comittee (INASPOC), Gibran Rakabuming Raka, mengatakan api untuk kirab obor ASEAN Para Games XI di Solo akan diambil dari api abadi Merapen, Grobongan.

Seperti dilansir ANTARA, hal ini disampaikan Gibran dalam diskusi daring bertema "Indonesia Bidik Juara Umum ASEAN Para Games 2022” yang digelar Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) secara daring, Rabu (20/7/2022).

"Ini kita sedang mempersiapkan untuk acara torch relay di hari Minggu besok. Itu acara nanti dimulai di tanggal 24 ya, kita mulai mengambil api di Merapen lalu obornya dibawa sampai ke kota di tanggal 25," ujar Gibran.

Untuk meramaikan acara, Gibran mengatakan kirab obor tersebut akan melibatkan mantan atlet para games.

Wali Kota Solo itu juga mengungkapkan bahwa arena pertandingan yang disiapkan sudah memenuhi standar, sehingga belum menerima komplain apa pun dari atlet.

"Semuanya sudah sesuai standar dari para atlet, sudah tidak ada komplain untuk venue, ya alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar," kata Gibran.

Terkait bagaimana Kota Solo mengemas kegiatan ASEAN Para Games sehingga ramah bagi para disabilitas, Gibran mengatakan ini merupakan kali kedua kota Solo menyelenggarakan kegiatan serupa.

"Yang jelas ini sudah kedua kalinya kota Solo dipercaya menjadi tuan rumah. Yang jelas di tahun ini kita lebih siap, venue-nya lebih siap, fasilitas umumnya lebih siap," ungkapnya.

-
Diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) (Tangkapan Layar Youtube FMB9)

BACA JUGA: Soal Peluang Gibran Maju di Pilkada DKI Jakarta, Ini Kata PDIP

Selaku tuan rumah, dia berharap acara olahraga multievent tersebut dapat mengangkat dan meningkatkan perekonomian warga setempat, sehingga pemulihan ekonomi dapat dirasakan oleh semua pihak, mulai dari UMKM hingga masyarakat umum.

Terlebih, lisensi untuk maskot dan logo ASEAN Para Games tahun ini disediakan gratis. Sehingga, menurut Gibran, para UMKM bisa berpartisipasi dan menggunakan logonya secara gratis.

"Saya kira ini sangat baik sekali untuk mengangkat perekonomian terutama untuk UMKM," tandasnya.

Selain itu, Gibran mengatakan, pihaknya melibatkan partisipasi para UMKM dan para seniman lokal dalam seluruh acara olahraga tersebut.

Sehingga, dengan adanya acara tersebut, Gibran berharap pemulihan ekonomi di Kota Solo bisa dirasakan oleh semua pihak, baik itu para pelaku UMKM maupun hotel hingga mereka yang menawarkan jasa penyewaan mobil.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X