Bendera Rusia dan Belarusia Gak Boleh Berkibar di Australia Open 2023

- Selasa, 17 Januari 2023 | 22:25 WIB
Logo Australia Open (REUTERS/Thomas Peter)
Logo Australia Open (REUTERS/Thomas Peter)

Pihak Australia Open 2023 telah membuat keputusan untuk melarang dikibarkannya bendera Rusia dan Belarusia di Melbourne Park. Keputusan ini dibuat setelah  adanya keluhan dari Duta Besar Ukraina untuk Australia.

Duta Besar Ukraina untuk Australia dan Selandia Baru, Vasyl Myroshnychenko, mengunggah gambar yang menunjukkan bendera Rusia yang tergantung di samping lapangan tempat petenis Ukraina Kateryna Baindl memainkan pertandingan putaran pertamanya pada hari Senin (16/1/2022) waktu setempat.

"Saya mengutuk keras pengibaran bendera Rusia kepada publik selama pertandingan petenis Ukraina Kateryna Baindl di Australia Open hari ini. Saya meminta Tennis Australia untuk segera menegakkan kebijakan 'bendera netral,’” kata Myroshnychenko, dikutip dari REUTERS.

Tennis Australia menanggapi keesokan harinya dengan melarang berkibarnya bendera Rusia dan Belarusia. Pasalnya, mereka gak ingin ada pihak yang merasa tidak nyaman ketika kedua bendera tersebut dikibarkan.

Baca Juga: Belum Putuskan Pensiun, Andy Murray Sebut Fisiknya Masih Prima

"Bendera dari Rusia dan Belarusia dilarang di tempat selama Australia Open. Kebijakan awal kami adalah para penggemar dapat membawa bendera masuk, tetapi tidak dapat menggunakannya (mengibarkan) yang menimbulkan gangguan,” kata Tennis Australia dalam sebuah pernyataan.

"Kemarin, kami mengalami insiden di mana sebuah bendera dipasang di pinggir lapangan. Larangan itu segera berlaku. Kami akan terus bekerja dengan para pemain dan penggemar kami untuk memastikan lingkungan terbaik untuk menikmati tenis,” sambung pernyataan tersebut.

Baca Juga: Selamat! Naomi Osaka Hamil Anak Pertama, Langsung Tinggalkan Tenis Selama 2023

Pemain Rusia dan Belarusia dilarang dari Wimbledon tahun lalu. Namun, pada perhelatan Australia Open 2023 ini mereka diizinkan tampil sebagai atlet individu tanpa afiliasi nasional.

Adapun bendera para atlet dari negara-negara tersebut tidak ditampilkan di samping nama mereka di siaran televisi seperti halnya pemain lain, dan negara mereka tidak disebutkan di lembar undian.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X