Pelatih Sebut Peluang Emilia Nova untuk Tembus Olimpiade 2020 Kecil

- Selasa, 21 Januari 2020 | 22:49 WIB
Pelari Indonesia Emilia Nova setelah berhasil menyelesaikan Lomba Lari Gawang 100 Meter Putri SEA Games ke-30 di Stadion Atletik New Clark, Filipina, Senin (9/12/2019). photo/ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
Pelari Indonesia Emilia Nova setelah berhasil menyelesaikan Lomba Lari Gawang 100 Meter Putri SEA Games ke-30 di Stadion Atletik New Clark, Filipina, Senin (9/12/2019). photo/ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Pelatih lari gawang Indonesia Fitri “Ongky” Haryadi mengatakan, peluang Emilia Nova untuk tembus menuju Olimpiade 2020 Tokyo dinilainya kecil, terlebih lagi limiti atau batas waktu pada nomor tersebut terlalu berat dicapai dalam waktu yang amat singkat ini.

Limit waktu lari gawang Olimpiade 2020 adalah 12,84 detik, sedangkan catatan terbaik Emilia adalah 13,33 detik ketika meraih medali perak di Asian Games 2018.

Artinya, Emilia perlu mempertajam sekitar 0,5 detik lagi dengan sisa waktu kurang dari enam bulan sebelum olimpiade digelar.

Kondisi tersebut membuat pelatih realistis dengan target yang dibebankan kepada Emilia. Pria yang akrab disapa Ongky, saat ditemui di Jakarta, Selasa, menilai terlalu berat untuk mengejar target tersebut dengan batas waktu tersisa hingga Juli.

“Kalau untuk peluang lolos, kalau saya realistis saja. Saya tetap percaya sama kemampuan Emil. Tapi dengan limit 12,84 detik agak sulit untuk dikejar hingga bulan Juli, sedangkan ini Januari. Bukannya gak optimistis, tapi saya orangnya realistis aja sulit untuk bisa 12,84 detik,” ungkap Ongky yang ditemui di sela-sela latihan di Stadion Madya Gelora Bung Karno dikutip dari Antara Selasa (21/1).

Kendati begitu, Ongky mengatakan akan tetap berupaya optimal untuk mengejar target dari PB PASI yang ingin mengirimkan tiga atletnya menuju olimpiade 2020.

Emilia serta dua rekannya yaitu sprinter Lalu Muhammad Zohri dan atlet lompat jauh Sapwaturrahman akan diuji kemampuannya kala berlaga di Kejuaraan Atletik Asia Indoor di Hangzhou, China, 12-13 Februari mendatang.

Emilia pun diharapkan dapat memecahkan rekor nasional lari gawang indoor yang kini masih dipegang oleh Dedeh Herawati.

Artikel Menarik Lainnya: 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X