Timnas Indonesia Tak Puas dengan Permintaan Maaf dari BWF, Ini Tuntutannya

- Selasa, 23 Maret 2021 | 08:48 WIB
Greysia Polli bersama bersama Marcus F Gideon memberikan keterangan pers (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
Greysia Polli bersama bersama Marcus F Gideon memberikan keterangan pers (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) telah resmi meminta maaf kepada Indonesia atas insiden dipaksa mundurnya tim Merah Putih dari turnamen All England 2021.

Presiden BWF Poul-Erik Hoyer secara khusus meminta maaf sekaligus menyampaikan penyesalan dan kekecewaannya atas kejadian yang menimpa atlet Indonesia di All England 2021.

“Saya dengan tulus menyampaikan permohonan maaf atas kesedihan dan frustasi yang dialami oleh seluruh pemain dan tim Indonesia,” kata Poul-Erik Hoyer.

Namun, timnas bulutangkis Indonesia yang berlaga di All England 2021 tidak puas dengan permintaan maaf dari BWF tersebut.

Atlet ganda putra Marcus Fernaldi Gideon meminta BWF agar melakukan persiapan lebih matang. BWF seharusnya punya persiapan lebih baik, mengingat jumlah turnamen yang digelar lebih sedikit gara-gara pandemi Covid-19.

"Persiapan harus lebih matang. Takutnya nanti kalau ada kejadian seperti ini lagi, mereka (BWF) cuma minta maaf tanpa ada pertanggungjawaban yang pasti. Jangan hanya cuma minta maaf lalu urusannya dianggap selesai, harusnya tidak seperti itu," tutur Marcus dalam konferensi pers, dikutip dari Antara, Selasa (23/3/2021).

Atlet Greysia Polii juga menilai BWF tidak memahami posisinya yang bukan hanya menjadi organisasi induk dan panitia. Pada masa pandemi, BWF juga berperan sebagai penengah antara otoritas kesehatan negara penyelenggara dan atlet.

"BWF adalah pelindung, dan kami (atlet) adalah aset mereka yang harus dinaungi. Mereka harus bisa lebih bertanggung jawab dengan respon mereka saat diarahkan NHS. Misalnya saat dikeluarkan dari hall, seharusnya ada pembicaran dua arah lebih dulu dengan manajer tim. Tapi di kejadian kemarin mereka main paksa dan memutuskan sepihak," kata Greysia.

Atlet memahami bahwa NHS memiliki aturan yang harus dipatuhi oleh BWF. Namun, BWF juga wajib memahami kebutuhan anggotanya agar mereka merasa aman di bawah naungan BWF.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X