Bak Hotel Berbintang, Begini Penampakan Wisma Atlet PON Papua, Lengkap Fasilitas Gym

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 17:19 WIB
Suasana kamar tidur di Wisma Atlet Mandala Jayapura, Kota Jayapura, Papua, Kamis (30/9/2021) (ANTARA/Shofi Ayudiana)
Suasana kamar tidur di Wisma Atlet Mandala Jayapura, Kota Jayapura, Papua, Kamis (30/9/2021) (ANTARA/Shofi Ayudiana)

Bak hotel berbintang, begini penampakan Wisma Atlet yang menjadi salah satu infrastruktur untuk mendukung perhelatan PON Papua tahun ini.

Gedung Wisma Atlet yang berdekatan dengan Stadion Mandala dibangun untuk menampung atlet-atlet utama Papua yang akan berlaga dalam PON.

Pembangunan Wisma Atlet tersebut menghabiskan dana sebesar Rp313 miliar yang bersumber dari APBD Papua. Pembangunan mulai dilakukan pada 2011 dan baru selesai pada 2019.

"Keberadaan wisma atlet dan kantor KONI ini merupakan tonggak baru dan sejarah baru bagi olahraga di Tanah Papua,'' kata Gubernur Papua Lukas Enembe saat meresmikan Wisma Atlet pada Agustus 2020 lalu.

"Provinsi Papua memiliki wisma atlet dan kantor KONI termegah di Indonesia. Tidak ada provinsi lain yang memiliki,'' sambung dia.

Menurut Lukas Enembe, Wisma Atlet yang dibangun di atas lahan seluas 25.865 meter persegi itu didukung fasilitas setara hotel bintang tiga.

Lantai satu hingga tiga difungsikan sebagai tempat parkir berkapasitas 240 mobil.

Kemudian, lantai empat merupakan kantor untuk pengurus provinsi (Pengprov) cabang olahraga Papua, Kantor KONI Papua, dan ruang serbaguna berkapasitas 300 orang.

Selain itu, ada restoran, ballroom, meeting room, dan fasilitas dapur yang bertugas menyediakan makanan untuk 524 atlet.

-
Faslitas Gym di Wisma Atlet (Antara)

Adapun kamar tidur, secara khusus ditempatkan di lantai enam dan tujuh. Total, ada 60 kamar tidur dengan daya tampung 524 orang, di mana setiap kamar bisa ditempati oleh tujuh hingga sembilan orang.

-
Toilet di Wisma Atlet (Antara)

Dalam setiap kamar juga disediakan satu buah televisi, pendingin ruangan, serta kamar mandi yang dilengkapi fasilitas air panas. Di lantai tujuh juga terdapat ruang biliar, klinik 24 jam, serta pusat kebugaran yang disebut memiliki fasilitas terlengkap dan terbesar di Provinsi Papua.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X