Gelar MotoGP 2021, Pemerintah Kucurkan Rp814 Miliar untuk Bangun Jalan ke Mandalika

- Rabu, 18 Maret 2020 | 08:25 WIB
Ilustrasi MotoGP. (REUTERS/Heino Kalis)
Ilustrasi MotoGP. (REUTERS/Heino Kalis)

Kementerian PUPR menyatakan akan segera membangun jalan akses ke Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) sepanjang 17,4 km sebagai dukungan terhadap penyelenggaraan MotoGP pada 2021 mendatang. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan jalan Bypass BIL (Bandara Internasional Lombok) sepanjang 17,4 Km, akan meningkatkan konektivitas dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid ke Kawasan Wisata Mandalika.

Diterangkan olehnya, untuk mengerjakan proyek tersebut Pemerintah menganggarkan dana Rp814 miliar, dengan masa pelaksanaan proyek tahun 2020 – 2021. 

"Saat ini dalam tahap lelang, pada Bulan Mei 2020 diharapkan sudah mulai konstruksinya. Untuk pembebasan lahan sudah selesai dua pertiga, sedangkan sisanya akan mulai dibayarkan minggu ini dan minggu depan" kata Menteri Basuki, Rabu (18/3/2020). 

Jalan Bypass BIL dibangun dengan lebar 50 meter, 4 lajur yang dilengkapi trotoar dan median jalan. Jalan Bypass akan mendukung akses menuju sirkuit MotoGP yang juga akan dibangun di kawasan Mandalika. 

-
Ilustrasi MotoGP (REUTERS/Soe Zeya Tu)

Untuk diketahui, selain membangun akses jalan, sejumlah proyek infrastruktur lainnya juga dikerjakan oleh pemerintah, guna mendukung suksesnya pelaksanaan gelaran MotoGP di Indonesia pada tahun depan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X