Lewat Olahraga, Erick Thohir Bangun Karakter Anak Bangsa Indonesia

- Kamis, 8 Desember 2022 | 12:09 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Twitter/erickthohir)
Menteri BUMN Erick Thohir (Twitter/erickthohir)

Selain prestasi, Menteri BUMN Erick Thohir ingin membangun karakter anak bangsa Indonesia melalui olahraga. Ia meyakini, melalui karakter dan jiwa petarung, anak muda Indonesia dapat berprestasi di dunia.

Hal itu dikatakan Erick Thohir saat menggelar selebrasi juara sekaligus reuni tim mereka di Mahaka Square Kelapa Gading Jakarta Utara, Sabtu (3/12/2022).

Erick yang juga pemilik klub bola basket Satria Muda membangun sejak akhir 1990-an. Sebelum diambil Erick, Satria Muda adalah tim peringkat terbawah dan kini Satria Muda menjadi tim terbaik dalam sejarah bola basket Indonesia.

Menurut Erick, misi utamanya adalah membentuk karakter dan jiwa petarung. Sejak awal Erick ingin Satria Muda sesuai dengan namanya untuk membentuk anak-anak muda memiliki jiwa pemenang layaknya ksatria.

"Perjalanan Satria Muda bukan sekadar perjalanan bola basket. Sejak awal ketika saya diberi kesempatan membina Satria Muda. Justru terpenting adalah bagaimana membangun karakter anak bangsa Indonesia ke depan," tulis Erick dalam Instagram pribadinya.

Baca Juga: Erick Thohir Jadi Komentator Piala Dunia 2022

Erick yakin dengan jiwa pemenang, anak muda Indonesia akan mampu bersaing dengan negara manapun. Dengan membentuk karakter yang tangguh, Satria Muda bangkit dari tim juru kunci yang tak pernah memenangkan gelar juara, menjadi tim peraih 12 gelar juara Nasional. Sejumlah 12 gelar itu diraih sejak Erick mengambil alih tim.

-
Erick Thohir ingin bangun karakter anak muda melalui olahraga.jpg

 

Erick optimistis mental juara ini pula yang bisa membawa Indonesia memenangkan persaingan dengan negara lain. Sebagai contoh, keberhasilan tim basket Indonesia memupus dominasi tim basket Filipina pada ajang Sea Games.

Padahal Filipina punya tim basket kelas dunia dan telah lebih dari 30 tahun mendominasi bola basket Asia Tenggara. Dengan mayoritas pemain Satria Muda, timnas Indonesia pun mampu menekuk Filipina pada Sea Games 2022 lalu.

Baca Juga: Survei Indikator: Erick Thohir Pasangan Tepat untuk Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

"Dalam olahraga yang terpenting itu karakter. Kita lihat Korea di ajang piala dunia sepakbola kemarin, di last minute bisa lolos itu karena karakter fighting spiritnya. Begitu juga Jepang. Ini yang mesti kita tiru," ujar Erick.

Dengan fighting spirit dan karakter pemenang, Erick Thohir yakin Indonesia akan menjadi kekuatan utama negara dunia pada 2045.

"Kita empat besar kekuatan ekonomi dunia pada 2045,” tegasnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X